IBL

Tembakan tripoin Damian Lillard di sisa lima detik babak tambahan waktu (overtime) berhasil membuat Portland Trail Blazers unggul 110-109 atas Golden State Warriors. Warriors lantas mengambil timeout guna memaksimalkan penguasaan bola terakhir. Kevin Durant yang mendapat tugas untuk mengeksekusi peluang tersebut melalui tembakan jarak menengah gagal menyelesaikan tugasnya. Tembakannya memantul ring dan Blazers menutup laga dengan kemenangan 110-109.

Laga yang digelar Kamis malam, 27 Desember 2018, waktu setempat, menjadi pertemuan kedua bagi kedua tim di musim ini. Kedua laga tersebut sama-sama digelar di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat. Berjalan ketat sejak awal, Warriors berhasil memaksa laga berlanjut ke overtime melalui tripoin Durant. Sayangnya, Durant gagal mengulang hal yang sama di peluang terakhir Warriors.

Hasil ini membawa Blazers kembali ke jalur kemenangan usai kalah di laga sebelumnya melawan Utah Jazz. Selain itu, kemenangan di Oracle Arena ini menjadi yang perdana untuk Blazers dalam delapan lawatan terakhir. Sebelum kemenangan ini, terakhir kali Blazers merengkuh kemenangan di kandang Warriors terjadi 23 November 2013.

Di sisi lain, kemenangan ini juga membawa Blazers semakin memanaskan persaingan lima besar klasemen sementara Wilayah Barat. Dengan rekor menang-kalah (20-15), anak-anak asuh Terry Stotts kini memiliki jumlah yang sama dengan peringkat lima, Los Angeles Lakers.  Kedua tim ini juga hanya berselisih satu kemenangan dengan Los Angeles Clippers yang berada di peringkat empat.

Sebaliknya untuk Warriors, kekalahan ini menjadi kekalahan kedua mereka di dua laga terakhir. Tim asuhan Steve Kerr ini harus rela turun dari puncak klasemen sementara Wilayah Barat. Mereka kini menempati peringkat dua dengan catatan 23 kemenangan dari 36 laga yang sudah dimainkan.

Meski menjadi penentu kemenangan Blazers, Lillard tampil tak terlalu efektif di laga ini. Ia hanya mampu memasukkan 7/20 tembakan dengan total 21 poin dan 5 asis. Jusuf Nurkic keluar sebagai top skor Blazers memanfaatkan buruknya pertahanan di bawah ring Warriors. Bermain selama 29 menit, Nurkic mengemas dobel-dobel, 27 poin plus 14 rebound.

C.J. McCollum menambahkan 24 poin dan 4 rebound sementara Mo Harkless mencetak 11 poin plus 8 rebound. Seth Curry yang turun dari bangku cadangan melengkapi daftar pencetak angka dengan digit ganda usai mengemas 11 poin yang semuanya dicetak di kuarter empat.

Di kubu Warriors, Stephen Curry menjadi yang tersubur dengan 29 poin, 5 rebound, dan 7 asis. Durant mencatatkan tripel –dobel dengan 26 poin, 10 rebound, dan 10 asis. Ini menjadi tripel-dobel kedua musim ini sekaligus ke-12 sepanjang karirnya. Draymond Green mengemas dobel-dobel, 15 poin, 11 rebound, dan 8 asis sementara Klay Thompson juga mencetak 15 poin plus 8 rebound.

Kedua tim akan kembali bertemu di laga selanjutnya. Namun, keduanya akan terbang ke Moda Center at the Rose Quarter, Portland, Oregon, Amerika Serikat, markas Blazers, lusa, waktu setempat. (DRMK)

Foto: Twitter, @NBA

 

Komentar