IBL

Scoot Henderson menjadi pemain termuda dalam sejarah G-League pada usia 17 tahun. Setelah memasuki karier di NBA pada Juni lalu, Henderson ingin mencapai lebih. Pemain Portland Trail Blazers itu mengincar Rookie of the Year musim mendatang.

“Tujuan saya jelas untuk memenangkan Rookie of the Year. Saya akan memenangkan itu,” kata Henderson dilansir melalui lama CBS. Henderson memang sangat percaya diri dengan kemampuannya. Itu juga memberinya tujuan untuk terus menjadi lebih baik.

“Itu hanya sebuah pola pikir dan manifestasi yang saya tumbuhkan. Jangan pernah meragukan diri sendiri, memastikan saya selalu mengerahkan energi terbaik, dan mengatakan pada diri sendiri saya akan menjalani musim perdana yang hebat,” kata pemain kelahiran 3 Februari 2004 itu.

Tapi hal itu tidak akan tercapai dengan mudah. Henderson bersaing dengan Victor Wembanyama dan Brandon Miller. Mereka menjadi pilihan tertinggi NBA Draft 2023 dan Henderson berada di peringkat ketiga.

Henderson bisa saja menjalani musim yang sukses sebagai individu. Tapi itu tergantung perannya di Blazers musim mendatang. Peluangnya untuk mendapatkan menit bermain lebih banyak ditentukan oleh nasib Damian Lillard, yang masih menunggu dikirim ke tim lain sejak 1 Juli lalu.

Baca juga: Blazers Tak Bergeming, Heat Semakin Pusing

Jika Lillard akhirnya keluar dari Blazers, ini akan menjadi kesempatan bagi Henderson untuk mengambil alih posisinya sebagai garda poin. Dan memiliki kemampuan mencetak rata-rata 20 poin per gim dengan konsisten. Tetapi jika Lillard masih di Blazers, Henderson menjadi pemain sekunder dan bisa menghambat peluangnya menjadi ruki terbaik.

Dalam statistiknya di G League Ignite musim lalu, Henderson membuat rata-rata 16,5 poin, 5,4 rebound, dan 6,5 asis per gim. Ia memiliki akurasi 42,9 persen dalam 19 pertandingan.

Selain itu tantangan lain adalah bersaing dengan ruki dari tim-tim lain. Kita tahu perhatian akan ditujukan kepada fenomena Victor Wembanyama. Meski sempat diragukan dalam debutnya bersama San Antonio Spurs lalu, Wemby masih belum menunjukkan performanya secara penuh.

Ada Brandon Miller yang direkrut oleh Charlotte Hornets yang bisa menjadi pesaing lain. Belum lagi Chet Holmgren siap “membalas dendam” usai pulih dari cedera. Pemain Oklahoma City Thunder itu absen pada musim pertamanya. (rag)

Foto: NBA

Komentar