IBL

Dua tim yang memberi kejutan di awal musim ini, Denver Nuggets dan Milwaukee Bucks saling berhadapan Minggu malam, 11 November 2018, waktu setempat di Pepsi Center, Denver, Colorado, Amerika Serikat. Disebut kejutan karena keduanya bukanlah tim dengan tradisi apik di NBA tapi di awal musim ini berhasil memperoleh jumlah kemenangan yang lumayan banyak. Dari 12 laga yang sama-sama sudah dilakoni kedua tim, dua-duanya sama-sama meraih sembilan kemenangan.

Sesuai dengan rekor menang-kalah keduanya, laga berlangsung sengit dengan kedua tim saling berebut  keunggulan. Pun begitu, Bucks yang mampu memasukkan 62,5 persen tembakannya di paruh pertama berhak atas keunggulan 63-59 di akhir kuarter kedua. Usaha bangkit Nuggets di kuarter tiga sempat berhasil di menit-menit awal. Sayangnya, Brook Lopez tampil menggila di kuarter ini dengan mencetak enam kali tripoin membantu Bucks menjauh 99-88 di akhir kuarter tiga.

Keunggulan tersebut langsung terpangkas habis saat kedua tim turun dengan deretan pemain cadangan. Barisan cadangan Nuggets yang dipimpin oleh Malik Beasley berhasil membawa Nuggets melaju 11-2 di awal kuarter empat dan membuat perolehan poin menjadi 101-99.

Di sisa lima menit pertandingan, kedua tim yang kembali turun dengan pemain utama (starter) mereka tampil dengan mentalitas yang berbeda. Bucks terlihat sangat lapar atas kemenangan dan menggalang pertahanan dengan sempurna. Sementara Nuggets seperti kehilangan arah melakukan banyak kesalahan sendiri (turnover) dan tak melakukan transisi pertahanan dengan baik. Kesalahan-kesalahan tersebut dimanfaatkan Bucks dengan baik terbukti dengan 22 poin dari pola serangan cepat (fastbreak) untuk menutup laga dengan kemenangan 121-114.

Kemenangan ini menandai kemenangan perdana Bucks di kandang Nuggets sejak 2010. Ya, terakhir kali Bucks menang di kandang Nuggets terjadi pada 20 Maret 2010, saat John Salmons masih ada di NBA membela Bucks dan Carmelo Anthony masih bermain utnuk Nuggets.

Bagi Nuggets, kekalahan ini tak hanya menahan mereka di peringkat tiga klasemen sementara Wilayah Barat. Kekalahan ini juga membuat mereka untuk pertama kalinta musim ini menderita tiga kekalahan beruntun.

Seluruh starter Bucks mencetak dua digit angka. Lopez yang sudah disebutkan di atas menjadi top skor tim dengan 28 poin dan 5 rebound dari 8/13 tripoin. Delapan tripoin masuk tersebut merupakan yang tertinggi sepanjang karirnya. Giannis Antetokounmpo menyusul dengan 22 poin, 8 rebound, 7 asis, 4 steal, dan 1 blok. Khris Middleton yang tercatat paling lama bermain dengan 40 menit membukukan 21 poin dan 5 rebound. Malcolm Brogdon menambahkan 20 poin, 6 rebound, plus 4 asis sementara rekan duetnya di lapangan belakang (backcourt) mengemas 12 poin dan 7 rebound.

Dari kubu tuan rumah, enam pemain mencetak 10 poin ata lebih. Paul Millsap menjadi top skor tim di laga ini dengan 25 poin, 8 rebound, dan 5 asis. Nikola Jokic menyusul dengan 20 poin, 6 rebound, dan 4 asus. Duo garda, Jamal Murray dan Garry Harris saling melengkapi dengan masing-masing mencetak 14 dan 15 poin. Sementara dari bangku cadangan, Beasley mengakhiri laga dnegan 10 poin plus 5 rebound. Trey Lyles melengkapi daftar dengan 16 poin dan 5 rebound.

Selain itu, kemenangan ini juga semakin mengokohkan Bucks di peringkat dua klasemen sementara Wilayah Timur dengan 10 kemenangan dari 13 laga. Satu-satunya tim yang lebih baik dari Bucks adalah Toronto Raptors yang menang 12 kali dari jumlah laga yang sama.

Selanjtunya, Bucks akan kembali ke Milwaukee untuk memulai rangkaian enam laga kandang beruntun mereka. Tamu pertama mereka adalah Memphis Grizzlies dan laga akan digelar Rabu malam, 14 November 2018, waktu setempat. Sementara Nuggets masih akan bertahan di kandang mereka untuk menjamu Houston Rockets, lusa, waktu setempat.

Foto: NBA

 

Komentar