TIMNAS

Olahraga bola basket dan sepatu tidak bisa dipisahkan. Bagai dua sisi mata uang. Namun perkembangan sepatu basket dari masa ke masa memang tak ada habisnya. Namun bila ditelusuri hingga kini, maka espn.com memilih 30 sepatu basket terbaik versi mereka. Sepatu-sepatu yang dihadirkan ini selain fenomenal, memang menyimpan sejarah tersendiri.

Berikut 30 sepatu basket terbaik versi espn.com.

30. Pro Keds Royal Plus

30Mungkin kita menjumpai Keds dipakai beberapa pesohor seperti Ariana Grande atau Taylor Swift. Namun tahukah anda bila pada tahun 1970, sepatu ini dirilis untuk bintang-bintang basket. Pete Maravich dan Tiny Archibald memakai sepatu dengan bahan kanvas tersebut. Keds Pro hadir dengan model tinggi dan rendah. Desainnya yang sederhana namun efektif untuk memberi ruang kreatif seperti warna dan sentuhan lainnya. Hingga kini sepatu ini tetap stylish digunakan untuk sehari-hari.

29. Reebok Shaqnosis

29Entah apa yang ada di kepala Shaquille O'Neal saat merancang sepatu tersebut. Namun yang pasti, sentuhan pola hipnotis semakin menegaskan bahwa dirinya ingin bahwa penonton tak melepaskan pandangan darinya alias terhipnotis. Teknologi InstaPump juga disematkan di sepatu ini. Sepatu ini dirilis tahun 1995 dan digunakan saat ia membela Orlando Magic (tim pertamanya di NBA). Namun, ternyata banyak yang tidak suka dengan desain Reebook Shaqnosis saat itu. Beberapa tahun terakhir, sepatu ini muncul kembali. Aktor Will Smith memakainya saat berakting di film Men In Black.

28. Reebok Kamikaze II

28

Pasca merilis Shaqnosis di tahun 1995, setahun kemudian Reebok meluncurkan Kamikaze II. Sepatu ini memang terinspirasi dari pendahulunya. Warnanya pun tegas, hitam dan putih. Sepatu ini dipakai oleh Shawn Kemp selama musim 1995-1996, namun tak dipakai saat NBA Finals. Pola di sepatu ini terlihat seperti bukit, naik dan turun. Desain tersebut seakan menggambarkan Kemp yang bisa melompat dengan cepat di lapangan.

27. Nike Kobe 9 Elite

27Sepatu ini resmi dirilis tahun 2014 khusus untuk Kobe Bryant pasca sembuh dari cedera achilles. Setelah bertahun-tahun tampil dengan potongan rendah, sepatu ini tampil mengejutkan dengan potongan ekstra tinggi. Kobe 9 Elite menjadi sangat populer karena sepatu itu jelas dirancang untuk memaksimalkan performa pemain, tapi juga tetap bergaya ketika dikenakan. Kobe lebih suka sepatunya kali ini diberi nama The Masterpiece.

26. Nike Air Max LeBron VII 26LeBron James memakai sepatu ini selama perjalanannya mendapatkan MVP di tahun terakhir bersama Cleveland Cavaliers (sebelum ke Miami Heat). Sepatu ini dirilis tahun 2009. Awal munculnya sepatu ini cukup menarik. LeBron bersama Nike sudah mengeluarkan enam model dengan teknologi Zoom Air. Namun di untuk model ketujuh, Nike beralih menggunakan teknologi Air Max. Tiga perempat bagian sepatu terisi gelembung udara, ini ciri khas sepatu Air Max di tahun 90-an. Nike juga menggunakan FlyWire di sepatu ini yang akhirnya dipakai di sepatu keluaran Nike selanjutnya.

25. Nike Air More Uptempo 25Swoosh besar yang menjadi logo Nike ternyata tak muncul di sepatu yang dikeluarkan khusus untuk Scottie Pippen ini. Uniknya sepatu ini justru mengedepankan kata "AIR" yang sekaligus mengikuti kontur sepatu tersebut. Sejak dirilis tahun 1996, Scottie Pippen selalu memakainya bahkan di NBA Finals dan Olimpiade. Meski Nike mengeluarkan beberapa varian warna, namun warna hitam dengan huruf putih masih tetap jadi model yang terbaik.

24. Air Jordan VI 24Air Jordan VI yang dirilis tahun 1991 ini memang tidak keren seperti pendahulunya, Air Jordan V. Namun sejarah berkata lain, sepatu inilah yang dipakai MJ saat memenangkan cincin NBA pertamanya. Jadi sepatu ini punya tempat tersendiri di hati sneakerheads lantaran sejarahnya. Salah satu foto ikonik MJ yang melayang di udara juga menampakkan sepatu ini.

23. Air Jordan XIII 23"Skor Jordan 43 Di ujung sayap!", merupakan petikan iklan untuk sepati Air Jordan XIII. Namun sejak rilis tahun 1997, sepatu ini jarang dilihat orang. Sebab MJ sudah berganti dengan AJ XIV di NBA Finals 1998. Namun sepatu ini lebih terkenal ketika dikenakan oleh Denzel Washington di film He Got Game (1998).

22. Adidas KB8 22Adidas menyebut sepatu yang dirilis tahun 1997 itu dengan Crazy 8. Tapi sneakerheads sejati tahu bahwa ini adalah sepatu signature pertama Kobe Bryant. Sepatu ini terlihat lebih tebal karena memakai kulit paten yang menjadi bahan yang populer untuk sepatu basket di tahun 90-an. Sayangnya kebersamaan Kobe dan Adidas tak berlangsung lama.

21. Nike Zoom Kobe V 21"Nama saya Kobe dan ini sepatu saya." Petikan iklan tersebut muncul di tahun 2010 saat Kobe Bryant meluncurkan Nike Zoom Kobe V. Sepatu ini cukup unik sebab potongan sepatunya rendah bahkan menyerupai sepatu sepak bola. Tampak aneh pada saat itu namun ternyata banyak yang menyukainya. Akhirnya sepatu ini jadi acuan Nike dan Kobe dalam merancang sepatu-sepatu berikutnya.

20. Puma Clyde 20Walt "Clyde" Frazier tak hanya tampil unik di luar lapangan, namun di dalam lapangan ia juga nyentrik. Gaya memang jadi sesuatu yang utama baginya. Di saat semua pemain memakai sepatu berbahan kulit dan kanvas, Walt Frazier tampil dengan bahan suede warna-warni. Hingga kini Puma Clyde masih jadi sepatu yang dipakai untuk bergaya. Padahal sepatu ini resmi beredar di pasaran pada tahun 1973.

19. Nike Zoom Kobe VIII 19Ketika Kobe memulai tren sepatu rendah lewat Kobe V, maka itu terus berlanjut hingga muncul Kobe VIII yang rilis tahun 2012. Sepatu ini dikenal paling ringan dari sepatu basket yang pernah dibuat. Beratnya hanya sekitar 9,6 ons. Sepatu ini sangat mendukung performa pemakainya yang ingin bergerak lincah, namun juga tetap bisa bergaya di lapangan.

18. Nike Air Max Penny II 18Karirnya memang tidak secemerlang Michael Jordan, Kobe Bryant atau LeBron James, namun Penny Hardaway pernah mengeluarkan sepatu signature terbaik sepanjang masa. Nike Air Max Penny II merupakan salah satu dari tiga sepatu terbaik milih Penny Hardaway pilihan espn.com. Sepatu ini resmi dirilis tahun 1996. Lalu di tahun 2016 sepatu tersebut dirilis ulang. Artinya, memang sepatu ini tetap bertahan meski diterpa zaman.

17. Adidas Superstar 17Jika ada sepatu yang bisa menyaingi pasar Chuck Taylors hingga di era modern, maka jawabannya adalah Adidas Superstar. Bahan kulit tetap dipertahankan selama beberapa dekade sejak mulai dirilis tahun 1969. Jerry West dan Kareem Abdul-Jabar adalah dua legenda basket yang memakai sepatu ini. Grup hip hop Amerika Serikat Run-D.M.C juga memakainya, bahkan mereka membuat lagu khusus untuk sepatu ini berjudul My Adidas. Hingga hari ini Adidas Superstar masih kita jumpai.

16. Air Jordan XII 16Sulit untuk melupakan sejarah sepatu Michael Jordan yang resmi rilis tahun 1996 itu. Sebab sepatu ini jadi bagian sejarah penting bagi MJ. Ia memakai sepatu ini pada NBA Finals 1997 di game 5. Menariknya, sepatu ini hanya dipakai MJ selama 44 menit atau satu pertandingan saja. Petikan sejarah inilah yang membuat AJ XII menjadi salah satu rilisan terbaik Jordan.

15. Reebok Pump 15Sepatu ini rilis tahun 1989, dan diperuntukkan khusus bagi Dee Brown. Sepatu ini punya tempat tersendiri dalam sejarah sepatu basket. Dee Brown seperti dipompa oleh sepatu ini saat melepaskan dunk yang membuatnya jadi juara pada Slam Dunk Contest tahun 1991. Meski saat itu teknologi pompa belum begitu dikenal, namun setidaknya Reebok Pump mengawalinya.

14. Nike Air Max Penny I 14Anfernee "Penny" Hardaway membuat sepatu signature yang keren, tapi ternyata Lil' Penny yang membuatnya sepatu ini jadi legenda. Lil' Penny adalah boneka Penny Hardaway yang diisi suaranya oleh Chris Rock. Lil' Penny tampil mengiklankan sepatu Nike Air Max Penny I yang resmi rilis tahun 1995 jadi sangat terkenal. Bahkan fans hampir lupa dengan Penny Hardaway sebagai seorang pemain basket, karena mereka lebih mengingat boneka Lil' Penny.

13. Nike Air Zoom Generation 13Sepatu ini memang tak membawa nama pemainnya, tapi semua tahu bahwa ini adalah sepatu debut Nike bersama LeBron James. Rilis di tahun 2013, sepatu ini jadi salah satu yang terbaik sepanjang masa. Macam-macam warna dikeluarkan eksklusif untuk LeBron namun warna putih, hitam dan garis merah yang asli ini terlihat lebih baik.

12. Nike Air Max Uptempo 12Dirilis tahun 1995, dan pemakainya adalah Scottie Pippen serta David Robinson. Sebelum Pippen mendapatkan signature sneaker ia lebih dulu memakai Nike Air Max Uptempo ini. Pippen memakainya hampir setengah pertandingan play-off Chicago Bulls tahun 1996. Sepatu ini jadi sangat terkenal begitu fans tahu bahwa pemakainya memenangkan 72 pertandingan bersama tim. Desainnya tampak besar, tapi ternyata sepatu ini cukup mengejutkan pemakainya karena ringan.

11. Air Jordan IV 11Orang-orang rela membayar 100 dolar Amerika atau 108 dolar Amerika berikut pajak untuk sepatu milik Michael Jordan itu di tahun 1989. Banyak yang berpendapat bahwa pembeli sepatu ini sudah melakukan sesuatu yang benar, membeli barang yang tepat. Dan kita harus berterima kasih pada Nike yang akhirnya merilis ulang sepatu ini.

10. Converse Weapon 10Magic Johnson dan Larry Bird, dua pemain legendaris sekaligus seteru abadi di lapangan akhirnya memakai sepatu yang sama. Bahkan saat pengambilan gambar untuk iklan, mereka tetap bersaing. Keduanya benar-benar membuat sepatu ini terkenal, dan hampi bintang basket di pertengahan 80-an (kecuali Michael Jordan) mengenakan sepatu yang resmi beredar di pasaran pada 1986 itu.

9. Nike Air Max LeBron VIII 9Ketika LeBron James pindah ke Miami Heat tahun 2010, ia membawa sepatu terbaik bersamanya. LeBron VIII juga membawa warna khas South Beach. Boleh dibilang sepatu ini yang terbaik dari rilisan LeBron lainnya. Wajah singa tergambar di lidah sepatu yang terlihat sangat mencolok.

8. Air Jordan V 8Sepatu yang dirilis tahun 1990 ini mengambil panel jala di samping khas AJ IV. Nike menambahkan lapisan 3M di lidah dan bagian bawah. AJ V merupakan salah satu awal Air Jordan menetapkan standart untuk sepatu-sepatu rilisan selanjutnya.

7. Converse Chuck Taylor All-Stars 7Charles "Chuck" Taylor pertama kali tampil di lapangan menggunakan sepatu ini pada tahun 1920. Berbicara tentang sepatu basket secara harfiah tidak akan ada standar sepatu tanpa Chuck. Sepatu ini hampir tidak didesain ulang hampir 100 tahun setelah rilisan pertama. Sepatu ini bahkan bertahan lebih lama ketimbang perusahaan Converse sendiri. Sebab di tahun 2015 kini mereka diambil Nike dan mulai didesain ulang.

6. Reebok Questions 6Allen Iverson punya gaya semaunya sendiri, dan itu dituangkan dalam sepatu signature pertamanya. Reebok Questions yang resmi beredar tahun 1996 terbukti bisa bersaing dengan Air Jordan yang saat itu menguasai lapangan dan bahkan toko-toko sepatu olahraga. Penjualan sepatu ini setelah di rilis ulang juga masih bagus. Banyak orang yang berminat memiliki sepatu ini.

5. Nike Air Force I 5Tinggi atau rendah, putih atau berwarna, bertali atau tidak. Banyak kreasi model yang diluncurkan Nike untuk Air Force I ini. Tetapi sepatu ini tetap jadi ikon dan masih disukai lebih dari 30 tahun setelah rilis aslinya di tahun 1982. Beberapa pemain yang memakai sepatu ini adalah Moses Malone, Danny Ainge, Charles Barkley, Rasheed Wallace dan Jerry Stackhouse. Jika ada bertanya pada beberapa sneakerhead, maka jawabannya hampir pasti mereka memiliki sepatu ini. Tak hanya satu, mungkin dua atau lebih.

4. Air Jordan III 4Rilisan Air Jordan II mengecewakan. Oleh karena itu tersebar kabar bahwa Michael Jordan akan meninggalkan Nike. Namun ternyata, Air Jordan III rilis tahun 1988. Sepatu ini selain banyak perkembangan dari sepatu sebelumnya, juga merupakan tonggak sejarah logo jumpman dikenal dunia. Untuk pertama kalinya logo tersebut disematkan di sepatu. MJ memakainya saat melawan Dominique Wilkins untuk merebut gelar juara Slam Dunk Contest 1988 di Chicago. Secara khusus, musisi Drake juga membuat lagu berjudul Jumpman.

3. Air Jordan I 3Petikan iklan lama tentang sepatu ini memang menjelaskan bagaimana sejarah Air Jordan I di era 1985. "Untungnya, NBA tidak bisa menghentikan anda memakainya". Sepatu ini menduduki peringkat teratas untuk kategori sepatu terbaik. Setidaknya menurut ahli dari espn.com. Memang sebelumnya ada sepatu signature yang mendahului Air Jordan I, seperti Puma Clyde dan Adidas Stan Smith, tapi tidak ada sepatu yang akhirnya berubah jadi bisnis yang besar layaknya Air Jordan. Sempat mendapat larangan oleh NBA, jadi bagian sejarah sepatu ini. Cerita dibalik munculnya Air Jordan I menjadikan sepatu ini terus diburu sneakerhead.

2. Nike Air Foamposite I 2Tahun rilis resmi sepatu ini adalah 1997, dan Penny Hardaway memakainya pertama kali. Namun orang-orang akan mengingat bahwa sepatu ini milik Tim Duncan karena dia memakainya saat tampil di NBA All-Star 1998. Desain sepatu ini sangat menarik seperti sesuatu dari luar angkasa yang mendarat di kaki pemain basket. Orang-orang sudah berpikir begitu sebelum Nike akhirnya membuat salah satu model bercorak galaxy yang diberi nama Galaxy dan Asteroid. Nike menciptakan kegilaan baru bagi penggemar sneaker legendaris ini dengan bermacam-macam warna dan kreasi.

1. Air Jordan XI 1Rilis tahun 1995, Air Jordan XI jadi sangat fenomenal. Concord, Space Jam, 72-10, Breds. Jarang ada sepatu yang menghasilkan banyak sejarah. Tapi itu hanya bagian dari cerita Air Jordan XI bersama sang pemain, Michael Jordan. Namun ahli espn.com berpendapat bahwa sepatu ini memang yang terbaik. Tak bisa dipungkiri bahwa orang akan selalu menghubungkan sepatu ini dengan catatan karir MJ di NBA. Ia memakainya ketika memimpin Bulls memenangi 72 laga dan mengamankan cincin juara NBA. Saat memakai AJ XI, MJ menjalani musim terbaik, 72 kali menang, menjadi MVP NBA, MVP All-Star, MVP Final dan gelar juara NBA. Sungguh sepatu yang hingga kini belum ada yang menandinginya.

Itulah 30 sepatu basket terbaik sepanjang masa. Bagaimana dengan anda, apakah sepatu favorit anda memiki diantara sepatu-sepatu terbaik pilihan espn.com tersebut.

Foto: espn.com, shoescheapest.com

Komentar