IBL

Wilson Sporting Goods Co. merilis bola resmi yang akan dipakai liga sebelum ulang tahun ke-75 NBA. Peluncuran bola ini menyambut kembali Wilson sebagai produsen bola basket resmi pertama NBA (1946-1983).

Bola baru dari Wilson terbuat dari konfigurasi delapan panel. Spesifikasi performa dan materi kulit, kurang lebih sama seperti bola yang saat ini digunakan di NBA. Selama setahun terakhir, NBA, National Basketball Players Association (NBPA), dan Wilson mengembangkan bola baru melalui sesi evaluasi tim. Bola baru ini menampilkan logo ikonik NBA dan Wilson dengan full grain pebbling, dengan logo Wilson tercetak di atas garis hitam.

"Wilson sangat antusias untuk membangun sejarah kami dengan NBA, untuk mengembangkan permainan bola basket di panggung global," kata Kevin Murphy, Manajer Umum Wilson Team Sports, dikutip dari rilis NBA Indonesia. "Setelah mengumumkan kerjasama dengan WNBA dan BAL, kami akan terus membangun kemitraan dengan liga-liga lainnya. Wilson pertama-tama akan fokus untuk mendukung liga dan para pemainnya dengan bola pertandingan dengan kualitas tinggi."

"Kerjasama kami dengan Wilson terjalin pada waktu sangat tepat saat kami menyambut perayaan ulang tahun ke-75 NBA. Sebagai bola pertandingan resmi NBA untuk 37 musim pertama liga, Wilson kembali membangun sejarah bersama kami dan melihat ke masa depan," kata Salvatore LaRocca, NBA President Global Partnerships.

Bola Wilson akan memulai debutnya di lapangan dalam acara NBA Draft Combine 2021, pada 21-27 Juni 2021, waktu setempat. Sementara untuk penjualan umum akan dilakukan pada 29 Juli 2021. Pembelian hanya bisa dilakukan melalui Wilson.com. Merek tersebut juga menyediakan produk lain berlisensi NBA.

Dalam pengembangan bola baru ini, Wilson dibantu oleh Trae Young (Atlanta Hawks) dan Jamal Murray (Denver Nuggets). Mereka berdua menjadi anggota Penasihat Bola Basket Wilson. Young dan Murray melakukan uji permainan (playtest), lalu memberikan masukan untuk pengembangan bola ini.

"Saya telah menggunakan bola basket mereka sejak kecil, mulai dari bermain di driveway hingga bermain di perguruan tinggi. Saya sangat senang melihat Wilson kembali ke NBA," ucap Young.

Ternyata tidak hanya Young dan Murray yang menjadi Penasihat Bola Basket Wilson. Ada pula bintang WNBA Liz Cambage, bintang FIBA 3x3 Dusan Domovic Bulut dan Migna Touré. Kemudian ada juga pelatih ternama Chris Brickley.

Sementara itu, bola Wilson akan digunakan untuk NBA, WNBA, NBA G League, Basketball Africa League (BAL), dan muncul di permainan video NBA 2K League. (*)

Baca juga: Sejarah "Bola" Basket dan Perkembangannya

Sumber berita dan foto: NBA Indonesia

Komentar