IBL

Toronto Raptors berhasil membuka tahun 2018 dengan kemenangan. Menjamu Milwaukee Bucks di Air Canada Center, Toronto, Ontario, Kanada, Selasa 2 Januari 2018, mereka berhasil mengakhiri laga ketat yang berlangsung hingga babak tambahan waktu dengan kedudukan 131-127.

Duo All-Star Raptors, Kyle Lowry dan DeMar DeRozan, menjadi bintang utama kemenangan ini. Lowry mencetak 26 poin, 5 rebound, dan 7 asis dalam 41 menit berlaga. Sementara itu, DeRozan memainkan laga terbaiknya sebagai pemain NBA setelah mencetak 52 poin, 5 rebound, dan 8 asis. Torehan 52 poin tersebut juga berhasil menempatkan DeRozan di buku rekor Raptors sebagai pencetak poin terbanyak dalam satu pertandingan.

Superioritas DeRozan membuat catatan duo Bucks tertutupi. Eric Bledsoe dan Giannis Antetokounmpo sebenarnya tampil tidak buruk-buruk amat. Bledsoe menjadi top skor tim dengan 29 poin yang diikuti dengan 7 rebound dan 3 asis. Sementara itu, Antetokounmpo menambahkan 26 poin, 9 rebound, dan 7 asis.

Secara total hanya ada empat pemain Raptors yang mampu mencetak dua digit poin berbanding dengan enam pemain dari kubu Bucks. Namun, semua pemain yang turun berlaga bagi Raptors mampu menyumbangkan angka sementara Jason Terry menjadi satu satunya pemain yang tidak mencetak angka bagi Bucks.

DeRozan memang tampil trengginas sejak awal laga. Layup dengan langkah menyamping (euro step) DeRozan berhasil membawa Raptors unggul cepat 9-0 di awal laga. Tripoin Sean Kilpatrick di sisa tiga menit berhasil membawa Bucks mendekat dengan 19-22, tetapi kedudukan masih untuk keunggulan Raptors. DeRozan mencetak 21 poin dari total 35 poin yang dicetak Raptors pada kuarter ini, berbanding 30 poin yang dicetak oleh Bucks.

Kuarter kedua masih dikuasai oleh Raptors. Meski tembakan Khris Middleton berhasil menyamakan kedudukan 37-37, dunk keras Serge Ibaka kembali membuat Raptors unggul 45-44 di sisa lima menit kuarter kedua. Tembakan tiga angka DeRozan di sisa dua detik kuarter kedua lalu berhasil mempertahankan keunggulan Raptors 60-56 hingga turun minum.

Setelah jeda, Raptors berusaha menjauhkan jarak mereka. DeRozan melepaskan tembakan tiga angka yang membuka jarak menjadi sebelas poin di empat menit awal. Bucks tidak mau menyerah begitu saja, melalui tembakan jarak menengah Antetokounmpo, mereka kembali mendekat 75-76 di sisa empat menit kuarter ketiga.  Namun, sekali lagi Raptors berhasill menjaga keunggulan empat poin mereka setelah Jakob Poeltl berhasil memasukkan tembakan jarak dekatnya. Raptors masih unggul 88-84.

Kuarter terakhir Bucks tampil habis-habisan. Bledsoe, Middleton, Antetokounmpo, dan Malcolm Brogdon bergantian mencetak angka bagi Bucks yang terus mendekati perolehan angka Raptors. Laga menyisakan tiga detik, Bucks mendapatkan keuntungan dengan menguasai bola, namun pertahanan bagus yang dilakukan DeRozan berhasil memaksa tembakan Brogdon tidak menemui sasaran. Pertandingan imbang 114-114 dan harus berlanjut ke babak tambahan waktu.

Aksi jual beli tembakan masih berlangsung di babak tambahan. Pertahanan yang digalang Lowry dan Ibaka berhasil membuat Raptors bertahan atas gempuran Bledsoe dan Antetokounmpo. DeRozan berhasil menutup laga dengan memasukkan dua tembakan gratis yang ia dapat di sisa enam detik laga. Meski mendapatkan penguasaan bola terakhir, usaha tembakan tiga angka yang dilepaskan Antetokounmpo gagal menemui sasaran dan Raptors berhasil menutup laga dengan 131-127.

Dengan kemenangan ini, Raptors masih bertahan di peringkat kedua sementara Wilayah Timur. Mereka akan menjalani pertandingan selanjutnya melawan Chicago Bulls pada hari kamis esok.

Sementara bagi Bucks, kekalahan ini membuat mereka tertahan di peringkat enam sementara Wilayah Timur dan akan menjalani laga selanjutnya di kandang sendiri melawan Indiana Pacers, juga di hari kamis esok.

 

Foto: NBA

Komentar