IBL

Chicago Bulls akan memberikan cincin kehormatan atau Ring of Honor untuk pertama kalinya. Penghargaan itu akan diberikan kepada tiga legendanya yaitu Michael Jordan, Scottie Pippen, Dennis Rodman, dan 10 pemain dari angkatan 1995-1996.

Angkatan tahun itu juga menampilkan Phil Jackson, Jerry Krause, Artis Gilmore, Jerry Sloan, Toni Kukoc, Bob Love, Chet Walker, Johnny Kerr, Tex Winter, dan Dick Klein. Jackson tercatat sebagai pelatih pada musim itu dan Winter sebagai asistennya.

Pada tahun tersebut, Bulls sedang pada puncak kejayaannya. Mereka meraih rekor terbaik 72-10. Bulls menutup dominasinya dengan gelar juara keempat dalam enam musim terakhir. Mereka mengalahkan Seattle SuperSonics dalam 6 gim dan Jordan dinobatkan sebagai MVP.

“Ring of Honor Chicago Bulls akan menjadi perayaan pertama untuk menghormati para legenda yang telah membantu membentuk organisasi kami selama 57 tahun terakhir. Mereka memiliki hubungan mendalam dengan penggemar dan komunitas dan mewakili kompetisi, kerja keras, dan ketangguhan,” kata Presiden Bulls Michael Reinsdorf dalam keterangan resminya pada Selasa (12/12) waktu setempat.

Bulls akan menggelar acara gala dinner pada 11 Januari mendatang di United Center, Chicago. Lalu ada presentasi acara pada jeda pertandingan melawan Golden State Warriors keesokan harinya. Sebagai tambahan, pelatih Warriors Steve Kerr juga pernah bermain untuk Bulls pada 1995-1996.

Rencananya Bulls akan memberikan Ring of Honor setiap dua tahun. Jadi, untuk angkatan berikutnya diberikan pada 2026 mendatang. Kriteria penerima Ring of Honor itu merupakan pemain yang setidaknya berlaga selama tiga musim dan pensiun minimal tiga tahun sebelumnya.

Ring of Honor pertama kali diadakan oleh Phoenix Suns pada 18 April 1999. Penghargaan itu diberikan kepada para pemain yang memberikan kontribusi luar biasa kepada waralaba. Pada edisi perdananya, Suns memberikan Ring of Honor kepada Connie Hawkins, Dick Van Arsdale, Alvan Adams, Paul Westphal, dan Walter Davis. Selain itu, juga ada Charles Barkley dan Steve Nash yang memiliki Ring of Honor. (rag)

Foto: NBA, Tim Zielenbach/AFP via Getty Images

Komentar