IBL

Chicago Bulls menggelar upacara Ring of Honor first class, pada hari Jumat (13/1) waktu Amerika Serikat. Ring of Honor tahun ini juga mencakup 13 pemain tim Bulls di musim 1995-1996 yang mencetak rekor 72-10 di musim reguler sekaligus memenangkan gelar juara NBA. Namun penggemar harus kecewa, karena tiga pemain intinya tidak datang. Mereka adalah Michael Jordan, Scottie Pippen, dan Dennis Rodman. 

Rodman dijadwalkan tampil tetapi rencana perjalanannya dibatalkan karena cuaca buruk. Baik dia dan Jordan mengirimkan pesan video sebagai pengakuan atas kehormatan tersebut. Sementara tidak diketahui apa alasan Pippen tidak hadir dalam acara tersebut. 

"Saya sangat kecewa sehingga saya tidak bisa hadir malam ini," kata Jordan dalam rekaman pesan video kepada para penggemar. "Tapi aku tidak ingin hal itu menghentikan kesenangan yang akan kalian alami."

Selain Jordan, Pippen dan Rodman, kelas perdana yang beranggotakan 13 orang termasuk pelatih Hall of Fame Phil Jackson, yang menerima sorakan paling keras dari para peserta, dan Krause, yang merupakan manajer umum Bulls dari tahun 1985 hingga 2003. 

Ketika nama Krause disebut, ternyata penonton United Center mencemoohnya, dan membuat istrinya, Thelma, yang mewakilinya pada upacara tersebut, tampak emosional pada resepsi tersebut. Krause adalah arsitek dari enam tim juara Bulls tetapi juga sering disalahkan atas disintegrasi dinasti yang ia telah menjadi bagian besar dalam pembangunannya.

Situasi ini mendapat perhatian dari kepala pelatih Warriors Steve Kerr, yang juga masuk dalam 13 pemain yang dihormati dalam acara tersebut. Kerr menjadi pemain Chicago Bulls dari tahun 1993 hingga 1998. Dia bersyukur bahwa jadwal Bulls melawan Warriors, tepat di hari di mana ada upacara Ring of Honor, sehingga dia bisa ikut. Sementara Kerr mendengar tentang cemoohan tersebut, dan mengecam tindakan penonton.

"Saya sedih untuk Thelma dan keluarga Krause," kata Kerr. "Saya tidak percaya bahwa para penggemar melakukan hal tersebut, dan Anda harus mengerti, ketika Anda mendengar ejekan, itu tidak semuanya. Para penggemar yang mencemooh, mereka tahu siapa mereka. Bagi saya, itu benar-benar memalukan dan saya sangat terpukul dengan hal itu."

"Entah orang-orang menyukai Jerry atau tidak... kami di sini untuk merayakan tim itu. Jerry melakukan pekerjaan luar biasa dalam membangun tim itu. ... Dan saya sangat kecewa dengan para penggemar, dan saya ingin lebih spesifik karena ada banyak penggemar yang aku yakin tidak mencemooh. Tapi mereka yang mencemooh, seharusnya mereka malu."

Penggemar mungkin terpengaruh dengan film dokumenter "The Last Dance", yang memperlihatkan Jordan, Pippen dan Jackson yang kadang-kadang berselisih dengan Krause. 

"Dia (Jerry Krause) memainkan peran utama dalam kesuksesan Bulls, menciptakan salah satu tim terhebat yang pernah ada," kata forward Bulls DeMar DeRozan tentang Krause. "Keluarga, sahabat yang masih ada patut diapresiasi dan tidak boleh diremehkan."

13 penerima Ring of Honor adalah Artis Gilmore, Johnny "Red" Kerr, Dick Klein, Toni Kukoc, Bob Love, Jerry Sloan, Chet Walker dan Tex Winter, selain tim 1995-96, yang disebut sebagai "tim terhebat dalam sejarah NBA." Chicago merayakan Ring of Honor pertamanya di United Center. Bulls akan menambah cincin kehormatan ini setiap dua tahun, dengan kelompok berikutnya akan diumumkan pada tahun 2026. (*)

Foto: ESPN

Komentar