IBL

Proses naturalisasi Jerome Anthony Beane Jr. sudah disetujui oleh Komisi III dan X DPR RI. Tetapi ia tidak langsung mendapat status WNI. Beberapa tahapan harus dilakukan. Setelah ini dokumen Beane dilanjutkan ke Sekretariat Negara untuk mendapat persetujuan dari presiden.

Setelah itu ada proses pengambilan sumpah di Kanwil Kemenkumham, lalu pembuatan paspor dan KTP. Proses tersebut mengejar waktu. Sebab, Beane diproyeksikan untuk tampil di SEA Games 2023 pada 5-17 Mei mendatang.

Beane sendiri datang ke Indonesia sebelum memulai musim Indonesian Basketball League (IBL) 2023. Pemain kelahiran Sikeston, Missouri, 6 Mei 1994 itu kemudian memperkuat Indonesia Patriots, tim yang berisi pemain timnas muda. Beane berposisi sebagai garda poin dan telah menyumbang rata-rata 21 poin per gim dari 12 kali penampilan.

“Alasan utama saya tentu untuk bisa membela negara ini di SEA Games dan pertandingan basket lainnya. Ini tempat yang bagus buat saya. Atmosfer orang-orangnya selalu baik. Jadi, saya senang,” kata Beane usai rapat kerja di DPR RI pada Senin (20/3) itu.

Baca juga: Tunggu Proses Naturalisasi, Anthony Beane Jr Akan Ikut SEA Games 2023

Beane merupakan produk lulusan Southern Illinois University Carbondale. Ia bermain bersama Salukis di NCAA Divisi 1. Ia sempat mengikuti NBA Draft 2016 tapi tidak terpilih. Beane kemudian melanjutkan karier di Liga Bulgaria bersama Lukoil Academic dan memenangkan kejuaraan pada musim 2017.

Setelah itu Beane berpetualang ke Legia Warsawa (Polandia), Ventspils (Latvia), Spirou (Belgia), Virtus Roma dan Varese (Italia). Patriots menjadi pengalaman pertama Beane berlaga di Asia. Ketika ditanya tentang persaingan dengan Filipina di Asia Tenggara, Beane mengaku belum banyak tahu.

“Sejujurnya saya tidak tahu soal Filipina. Saya hanya tahu Jordan Clarkson karena pernah melawannya saat kuliah. Tetapi selain itu tidak terlalu tahu,” ujarnya. Clarkson saat ini merupakan pemain Utah Jazz dan pernah bermain di University of Tulsa dan University of Missouri.

Filipina menjadi pesaing berat Indonesia di SEA Games mendatang. Apalagi pada SEA Games 2022 lalu, Indonesia memastikan emas setelah mengalahkan Filipina 85-81 di Hanoi, Vietnam. Ini menjadi emas pertama Indonesia di multi event dua tahunan itu sekaligus menghentikan dominasi Filipina selama 33 tahun.

“Target saya sama dengan pemain lainnya yaitu mendapatkan medali emas. Akan sangat menyenangkan jika bisa melakukan hal itu. Sebuah kehormatan bisa bermain untuk timnas Indonesia dan berkesempatan meraih medali emas,” kata pemain berpostur 188 cm itu.

Selama beberapa bulan menetap di Indonesia, Beane mengaku sudah terbiasa dengan selera lokal. Termasuk bahasa Indonesia sendiri. “Saya suka nasi uduk, mi goreng, bakwan, dan klepon. Saya suka cuaca dan orang-orangnya,” imbuhnya. (rag)

Foto: IBL/Hariyanto

Komentar