IBL

Hubungan antara wasit dengan tim-tim NBA semakin hari tidak kunjung membaik. Tidak terhitung berapa banyak keputusan-keputusan wasit yang cukup kontroversial dan dirasa merugikan pihak-pihak tertentu. NBA berusaha mendinginkan situasi dengan menggelar beberapa pertemuan antara jajaran pemain dan pelatih dengan para wasit. Akan tetapi, masih belum ada perubahan kentara dari pertemuan tersebut.

Kepala Pelatih Pelicans, Alvin Gentry, menjadi tokoh terbaru yang memberikan kritik keras kepada para wasit. Seusai menelan kekalahan atas Houston Rockets, Sabtu malam, 17 Maret 2018 waktu setempat, Gentry mengungkapkan kekesalannya dengan terbuka kepada awak media. Kritik tersebut berujung pada denda dari NBA sebesar AS$15 Ribu pada Minggu malam, 18 Maret 2018 waktu setempat.

“Saya pikir kami bermain dengan sungguh-sungguh, kami berusaha mengimbangi mereka (Rockets), kami melakukan segalanya untuk menang. Satu-satunya hal yang membuat saya kesal adalah fakta bahwa Anthony Davis sama sekali tidak pernah mendapatkan pelanggaran. Mereka (Rockets) menahannya, menjegal, memeluk, dan wasit tidak pernah melihat itu sebagai pelanggaran, tidak sama sekali. Kalian tahu kenapa? Karena Davis tidak pernah memprotes wasit atas hal-hal tersebut. Ia hanya fokus pada permainannnya,” keluh Gentry.

Permasalahan lain terjadi saat wasit memberikan pelanggaran kepada Jrue Holiday yang menjaga James Harden di area tripoin. Tayangan ulang menunjukkan sentuhan tangan Holiday mengenai bola dengan pelan dan Harden mendramatisir gerakan pelanggaran tersebut.

Gentry lantas mengamuk seketika dan memprotes wasit tanpa ragu. Meski Holiday dan Ian Clark berusaha menahannya untuk mendekati wasit, Gentry tidak gentar untuk terus memprotes wasit. Beberap detik kemudian, wasit memberikan technical foul kepadanya.

Gentry menjadi pelatih kedua yang didenda NBA setelah laga melawan Rockets. Doc Rivers, Kepala Pelatih Los Angeles Clippers, adalah yang pertama terkena denda serupa.

Denda ini rasanya tidak akan mengejutkan Gentry. Melihat perjalanan hubungan antara wasit dan para pemain dan pelatih NBA musim ini, ia tahu bahwa denda akan datang kepadanya.

“Saya akan menerima denda yang akan mereka berikan kepada saya besok. Saya tidak peduli dan itu bukanlah masalah besar bagi saya,” imbuh Gentry pada wawancara tersebut.

Foto: bleacher report 

Komentar