IBL

Golden State Warriors menggelar laga kelima babak semifinal Wilayah Barat dengan menjamu New Orleans Pelicans di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat, Selasa malam, 8 Mei 2018 waktu setempat. Sudah mengantongi keunggulan 3-1, Warriors wajib menang untuk memastikan diri lolos ke babak final wilayah. Akan tetapi, laga tak berlangsung mudah bagi Warriors setelah Pelicans terus menempel perolehan angka dengan 59-56 di paruh pertama. Tim asuhan Steve Kerr ini tampil dominan setelah jeda paruh pertama dengan mencetak 36 poin berbanding hanya 19 dari sang tamu. Keunggulan tersebut tak mampu lagi dikejar Pelicans, dan Warriors meraih kemenangan 113-104.

Kemenangan ini memastikan Warriors lolos ke babak final wilayah dalam empat musim beruntun. Dalam tiga edisi sebelumnya, Warriors pun selalu sukses di final wilayah. Selain itu, kemenangan ini merupakan kemenangan kandang ke-15 Warriors secara beruntun di babak playoff dan menyamai rekor Chicago Bulls pada 1991. Terakhir kali Warriors kalah di kandang dalam babak playoff adalah pada partai NBA Final 2015-2016 lalu saat Cleveland Cavaliers meraih gelar juara.

Warriors sudah dinanti oleh Houston Rockets yang beberapa jam sebelumnya telah memastikan lolos usai mengalahkan Utah Jazz dengan kedudukan 4-1. Pertemuan keduanya di babak final Wilayah Barat menjadi yang kedua dalam kurun empat musim terakhir. Pada musim 2014-2015, Warriors berhasil menghancurkan Rockets dengan skor 4-1 sebelum meraih gelar juara pertama mereka sejak 1975.

Baca juga: Chris Paul Bawa Houston Meroket ke FInal Wilayah

Warriors yang mempertahankan skuat kecil (small line-up) mereka di barisan utama tampil merata setelah empat dari lima pemain utama mereka mencetak dua digit angka. Bahkan tiga dari empat pemain tersebut mampu mencetak 20+ poin hari ini. Stephen Curry keluar sebagai top skor tim dengan mencetak 28 poin, 8 rebound, dan 8 asis. Kevin Durant menambahkan 24 poin, 6 rebound, dan 7 asis sementara Klay Thompson 23 poin, 6 rebound, dan 3 asis. Draymond Green mencetak dobel-dobel dengan 19 poin, 17 rebound, dan 9 asis. Andre Iguodala menjadi satu-satunya pemain utama yang tidak mencetak dua digit poin setelah hanya membukukan 2 poin, 3 rebound, dan 5 asis.

Setali tiga uang, empat dari lima pemain utama Pelicans berhasil membukukan dua digit angka. Rajon Rondo menjadi satu-satunya pemain yang tak sampai mencetak dua digit angka setelah menutup laga dengan 7 poin dan 7 asis. Anthony Davis dan Jrue Holiday menjadi poros utama serangan Pelicans setelah keduanya secara berurutan menjadi top skor tim. Davis mencetak dobel-dobel 34 poin dan 18 rebound sementara Holiday tripel-dobel dengan 27 poin, 10 rebound, dan 11 asis. Forwarda Nikola Mirotic mencetak 12 poin dan 7 rebound. E’Twaun Moore menjadi pemain terakhir yang mencetak dua digit angaka dengan 10 poin dan 5 asis.

Laga pertama Warriors kontra Rockets akan digelar pada Senin malam, 14 Mei 2018, waktu setempat di kandang Houston Rockets.

Foto: NBA

Komentar