IBL

New Orleans Pelicans akhirnya mengambil satu kemenangan atas Golden State Warriors di semifinal Wilayah Barat. Mereka menang 119-100 di pertandingan ketiga di Smoothie King Center, New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat, Jumat malam, 4 Mei 2018 waktu setempat. Dengan kemenangan ini, Pelicans sekaligus mengubah kedudukan menjadi 1-2 dan memaksa Warriors sedikitnya harus melakoni lima pertandingan untuk lolos ke final wilayah.   

Anthony Davis kembali menjadi dalang kemenangan Pelicans di playoff. Ia mencetak 33 poin, 18 rebound, 4 steal dan tampil dominan di sekitar ring; mencetak angka beberapa kali dengan cara menusuk (drive),  menombok, bahkan alley-oop. Upayanya itu membuat Pelicans unggul 54-36 dari Warriors di paint area.

Selain itu, Jrue Holiday, garda utama, ikut menambahkan 21 poin untuk Pelicans. Nikola Mirotic mencetak dobel-dobel 16 poin dan 13 asis. Ian Clark lalu memberi 18 poin melawan bekas klubnya meski turun dari bangku cadangan.

Di sisi lain, Klay Thompson mencetak 26 poin untuk Warriors, tetapi gagal mamasukkan 13 dari 22 tembakannya. Kevin Durant lalu mencetak 22 poin sementara Stephen Curry mencetak 19 poin dengan hanya memasukkan 13 dari 19 tembakan. Dengang perolehan itu, Warriors bahkan tidak sempat unggul lebih dari satu digit angka. Apalagi mengingat buruknya tembakan mereka hari ini.

Warriors tampil "bau" karena gagal memasukkan 22 dari 31 tripoin dan hanya mampu memasukkan 38 persen tembakannya (35/92) di pertandingan ini. Padahal Warriors memiliki duo penembak jitu terbaik di liga, Curry dan Thompson, yang berada di posisi tiga besar dalam hal mencetak tripoin. Di pertandingan ini, Pelicans justru menembak tripoin lebih baik dengan akurasi mencapai 45,2 persen (14/31).   

Sementara itu, Davis dengan tinggi 211 sentimeter dan kemampuan serba bisanya justru tak memaksa bermain di luar garis tripoin. Ia memanfaatkan serangan ke dalam dengan bantuan Rajon Rondo, garda Pelicans, yang piawai membagi bola dengan 21 asis di pertandingan ini. Catatan itu sekaligus membuatnya menjadi pemain ketiga setelah Earvin “Magic” Johnson dan John Stockton sebagai pencetak dobel digit asis di playoff lebih dari sekali.

Dengan penampilan itu, Pelicans dapat mencetak 30+ poin di tiga kuarter awal dan mencetak 27 poin di kuarter empat. Pasukan Kepala Pelatih Alvin Gentry pun memenangkan pertandingan setelah Warriors menarik pemain utama mereka di sisa lima menit terakhir.

Dengan keberhasilan ini, Pelicans membutuhkan tiga kemenangan lagi untuk lolos ke final wilayah. Namun, Warriors tentu bukan tim sembarangan; mereka adalah tim juara bertahan yang hanya membutuhkan dua kemenangan lagi untuk melaju ke babak selanjutnya. Pertandingan keempat akan berlangsung lusa di tempat yang sama.

Foto: NBA

Komentar