IBL

Houston Rockets memainkan gim kelima di final Wilayah Barat NBA Playoff dengan menjamu Golden State Warriors di Toyota Center, Houston, Texas, Amerika Serikat, Kamis malam, 24 Mei 2018 waktu setempat. Kedudukan berimbang 2-2 di empat laga awal membuat tensi laga ini langsung tinggi. Terbukti dengan skor sama kuat 45-45 di paruh pertama.

Paruh kedua berjalan setali tiga uang, kedudukan masih 96-94 untuk Rockets saat laga tersisa enam detik. Sayangnya, Draymond Green justru melakukan kesalahan sendiri (turnover) di penguasaan bola terakhir hingga bola direbut oleh Eric Gordon. Warriors melakukan pelanggaran pada Gordon yang berujung dua lemparan gratis. Ia memasukkan kedua lemparannya dan Rockets menang 98-94.

Dua poin yang dicetak Gordon di akhir laga melengkapi 24 poin yang ia cetak selama 36 menit bermain. Raihan tersebut membuatnya menjadi top skor tim. Chris Paul membukukan 20 poin, 7 rebound, dan 6 asis. Uniknya, 18 di antaranya dicetak di paruh kedua. James Harden yang sedang “bau” hanya memasukkan 5/21 tembakannya yang terkonversi menjadi 19 poin. Senter Clint Capela menjadi satu-satunya pemain Rockets yang mencetak dobel-dobel dengan 12 poin dan 14 rebound.

Dari kubu Warriors, tiga pemain mencetak lebih dari 20 poin. Kevin Durant memimpin dengan 29 poin dan 4 rebound. Klay Thompson menambahkan 23 poin dan 4 rebound sementara Stephen Curry membukukan 22 poin, 7 rebound, 6 asis, dan 4 steal. Green mencetak dobel-dobel dengan 12 poin dan 15 rebound. Sayangnya, satu turnover Green di akhir laga mengubur kesempatan Warriors untuk mengejar Rockets. Green membukukan enam turnover sepanjang laga. Itu merupakan turnover terbanyak yang ia ciptakan sepanjang lima laga.

Kemenangan ini membuat Rockets berbalik unggul 3-2 dalam sistem tujuh laga (best of seven). Padahal, di tiga laga awal, Rockets hanya berhasil meraih satu kemenangan. Akan tetapi, kemenangan ini harus dibayar mahal setelah Paul harus menderita cedera hamstring kanan. Cedera itu ia dapat setelah melakukan gerakan memutar saat laga tersisa satu menit. Belum ada keterangan resmi seberapa parah cederanya dan akankah ia bermain untuk laga keenam. Saat akan meninggalkan Toyota Center, Paul sempat berkata dia akan baik-baik saja kepada ESPN.

Pertahanan yang brilian kembali menjadi kunci di dua kemenangan beruntun Rockets. Tim asuhan Mike D’Antoni memaksa Warriors melakukan 16 turnover yang 10 di antaranya berasal dari steal pemain Rockets. Total Warriors mencetak 32 turnover di dua laga terakhir sementara Rockets hanya mencetak 20 turnover.

Laga keenam akan digelar di kandang Warriors lusa.

 

Foto: NBA

Komentar