IBL

Houston Rockets kembali menjadi tamu Golden State Warriors dalam laga keempat final Wilayah Barat yang digelar di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat, Selasa malam, 22 Mei 2018 waktu setempat. Memulai laga dengan kondisi tertinggal 1-2 dalam sistem tujuh laga (best of seven), Rockets wajib menang untuk menyamakan kedudukan. Tanda-tanda baik muncul di paruh pertama setelah tim asuhan Mike D’Antoni berhasil unggul 53-46. Akan tetapi, Warriors yang tak mau malu di hadapan 19 ribu lebih pendukungnya di arena kembali mengambil alih kedudukan 70-80 di akhir kuarter tiga. Kuarter empat berlangsung semakin panas setelah Rockets kembali mengambil keunggulan 85-84 di sisa enam menit. Upaya Warriors mengejar ketertinggalan mereka di sisa laga selalu gagal dan Rockets menutupnya dengan kemenangan 95-92.

Duet lapangan belakang (backcourt) Rockets, Chris Paul dan James Harden tampil membara pada laga ini. Keduanya total mencetak 57 poin yang setara dengan 60 persen dari poin keseluruhan Rockets. Harden menjadi top skor pertandingan dengan 30 poin, 4 rebound, 4 asis, 3 steal, dan 2 blok. Paul menyusul dengan 27 poin, 2 rebound, dan 4 asis. Eric Gordon melengkapi daftar pemain yang mencetak dua digit angka dengan 14 poin meski memulai laga dari bangku cadangan.

Warriors tampil tanpa Andre Iguodala yang menderita cedera lutut pada laga sebelumnya. Absennya Iguodala membuat pemain tahun ketiga, Kevon Looney, tampil sebagai pemain utama (starter). Ini adalah pengalaman pertama Looney sebagai starter di babak playoff. Pemain berusia 22 tahun tersebut bermain selama 26 menit dan mencetak 4 poin dan 6 rebound.

Stephen Curry tampil sebagai top skor tim setelah mencetak 28 poin dan 6 rebound dari 6/13 tripoin. Kevin Durant mencetak dobel-dobel dengan 27 poin dan 12 rebound. Draymond Green juga dobel-dobel setelah membukukan 11 poin, 13 rebound, dan 8 asis. Klay Thompson melengkapi daftar pemain dengan dua digit angka setelah mencetak 10 poin.

Mike D'Antoni melakukan hal yang unik pada laga ini. Dari 13 pemain aktif , hanya tujuh yang bermain melawan Warriors. Hal itu membuat nyaris semua starter Rockets tampil lebih dari 40 menit. Clint Capela menjadi satu-satunya pemain yang bermain tidak sampai 40 menit setelah tampil selama 24 menit. Perannya digantikan oleh Gordon yang bermain selama 35 menit.

Minimnya menit bermain Capela juga menunjukkan strategi yang digunakan Rockets sepanjang laga. Ya, Rockets turun dengan super small line-up yang menempatkan Trevor Ariza dengan tinggi 204 sentimeter sebagai pemain tertinggi mereka di lapangan. Hal tersebut membuat Rockets lebih banyak menyerang dari luar area kunci (paint area).Rockets tercatat melakukan percobaan menembak tripoin sebanyak 38 kali sementara total percobaan tembakan secara keseluruhan adalah 77.

Kekalahan ini membuat rekor kemenangan kandang beruntun Warriors selama playoff harus terhenti di laga ke-16. Kekalahan terakhir Warriors di kandang adalah saat Cleveland Cavaliers meraih gelar juara pada musim 2015-2016.

Selanjutnya, kedua tim akan kembali ke Houston untuk memainkan laga kelima, lusa.

Foto: NBA

Komentar