IBL

Golden State Warriors menjamu Houston Rockets di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat, Minggu malam, 20 Mei 2018 waktu setempat dalam tajuk laga ketiga babak final Wilayah Barat NBA Playoff 2017-2018. Di hadapan 19 ribu lebih pendukung di gelanggang, Warriors tampil beringas. Tim asuhan Steve Kerr ini sudah unggul 54-43 di paruh pertama. Keunggulan tersebut semakin menjadi di paruh kedua setelah Warriors total mencetak 71 poin yang hanya mampu dibalas 42 poin oleh Rockets. Warriors menang dengan selish 41 poin, 126-85.

Kemenangan ini membuat Warriors mengambil alih keunggulan menjadi 2-1 dalam sistem tujuh laga (best of seven). Sementara itu, bagi Rockets, kekalahan dengan selisih 41 poin ini merupakan kekalahan terbesar mereka di babak playoff sepanjang sejarah tim. Sebelum ini, kekalahan terburuk Rockets di babak playoff terjadi pada 2008-2009 saat berhadapan dengan Los Angeles Lakers. Selisih poin mereka kala itu mencapai 40 poin.

Garda andalan Warriors, Stephen Curry, keluar sebagai top skor di laga ini setelah mencetak 35 poin dan 8 rebound meski hanya bermain selama 34 menit. Curry memasukkan 13 dari 23 tembakannya yang mana lima di antaranya adalah tembakan tripoin. Bapak dua anak ini menciptakan 18 dari 35 poinnya pada kuarter tiga dengan 7/7 tembakan menemui sasaran. Ini adalah catatan poin tertinggi Curry selama babak playoff musim ini.  

Kevin Durant menyusul dengan mencetak 25 poin, 6 rebound, dan 6 asis. Klay Thompson tampil lebih "tenang" dengan 13 poin lewat tiga kali tembakan tiga angka. Andre Iguodala dan Draymond Green sama-sama mencetak 10 poin. Bedanya, Green menambahkan 17 rebound yang membuatnya menjadi satu-satunya pemain Warriors yang mencetak dobel-dobel. Quinn Cook, yang bermain hanya selama lima menit, menjadi pemain terakhir yang mencetak dua digit angka dengan 11 poin.

Di kubu lawan, ada empat pemain yang mencetak dua digit angka. James Harden kembali menjadi top skor tim dengan 20 poin, 5 rebound, dan 9 asis. Chris Paul menambahkan dengan dobel-dobel 13 poin dan 10 rebound. Sementara itu, Clint Capela mencetak 13 poin plus 8 rebound. Eric Gordon menjadi pemain terakhir yang mencetak dua digit angka dengan 11 poin meski memulai laga dari bangku cadangan.

Warriors unggul dalam segala aspek pada laga ini. Dari semua keunggulan itu, satu yang paling mencolok adalah angka kesalahan sendiri (turnover). Warriors yang tampil disiplin dalam bertahan memaksa Rockets membuat 19 kali turnover yang 11 di antaranya merupakan steal dari pemain Warriors. Sementara itu, Warriors hanya membuat delapan turnover.

Foto: NBA 

Komentar