IBL

Houston Rockets menggelar laga kedua babak final Wilayah Barat di NBA Playoff masih dengan menjamu Golden State Warriors di Toyota Center, Houston, Texas, Amerika Serikat, Rabu malam, 16 Mei 2018 waktu setempat. Di hadapan 18 ribu lebih pendukungnya, Rockets tampil dominan pada laga ini dengan selalu unggul selepas kuarter pertama. Anak-anak asuh Mike D’Antoni bahkan berhasil menutup paruh pertama dengan keunggulan 14 poin, 64-50. Keunggulan tersebut sama sekali tak mampui dikejar Warriors di sisa laga, bahkan Rockets makin memperlebar jarak dan menutupnya dengan kemenangan telak 127-105.

Rockets harus berterima kasih kepada barisan "pemeran pendukung" mereka. Pemain-pemain selain dua poros utama serangan Rockets, James Harden dan Chris Paul, tampil cukup cemerlang pada laga ini. Terbukti, selain kedua pemain tersebut, masih ada tiga pemain lain yang mencetak dua digit angka dan dua di antaranya berhasil mencetak lebih dari 20 poin.

Eric Gordon memimpin barisan pemeran pendukung tersebut dengan mencetak 27 poin dan 3 rebound termasuk 6/9 percobaan tripoin yang menemui sasaran. Setali tiga uang, P.J. Tucker juga mencatatkan akurasi yang tinggi pada laga ini setelah 5 dari 6 tripoinnya masuk. Tucker total membukukan 22 poin, 7 rebound, dan 4 asis. Trevor Ariza yang terkenal sebagai penembak tripoin ulung justru hanya melepaskan tiga percobaan pada laga ini dengan satu tembakan menemui sasaran. Pemain yang pernah berkunjung ke Surabaya tersebut justru lebih banyak menyerang ke area kunci dan total menghasilkan 19 poin, 4 rebound, dan 6 asis.

Dua pemeran utama Rockets bukannya tak berkontribusi, Harden masih setia memberi ancaman setelah mencetak dobel-dobel dengan 27 poin dan 10 rebound. Paul menyusul kemudian dengan 16 poin, 4 rebound, dan 6 asis. Keduanya mendapatkan pengawalan ketat sepanjang laga, tak jarang ada dua pemain Warriors yang menutup pergerakan mereka. Hal tersebut membuat barisan pemeran pendukung Rockets terus bergerak mencari posisi ternyaman untuk melepaskan tembakan yang bebas dari pantauan lawan.

Apa yang ditampilkan oleh barisan pemeran pendukung Rockets ini seolah menyambut kritikan pedas beberapa pengamat NBA terkait penampilan mereka di laga pertama. Beberapa pengamat menyebutkan, Rockets terlalu bergantung pada duo Harden-Paul dan sama sekali tak membantu mereka baik dalam bertahan atapun menyerang.

Dari kubu lawan, tim asuhan Steve Kerr benar-benar mati kutu pada laga ini. Hanya ada dua pemain yang mampu berkontribusi dengan dua digit angka dari 12 pemain yang turun. Kevin Durant mencetak 38 poin dan 3 rebound hanya dalam 35 menit sementara Stephen Curry mencatatkan 16 poin, 7 rebound, dan 7 asis.  

Kemenangan ini membuat Rockets menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Dengan sistem tujuh laga (best of seven), kedua tim akan sama-sama menuju ke Oakland, California, Amerika Serikat untuk memainkan laga ketiga di kandang Warriors pada Minggu malam waktu setempat.

Foto: NBA

Komentar