IBL

Steve Kerr, kepala pelatih Golden State Warriors, tak khawatir timnya tertinggal 2-3 dari Houston Rockets di final Wilayah Barat. Sesuai gelagatnya, mereka membuktikannya hari ini dengan menang 115-86 di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat, Sabtu malam, 26 Mei 2018 waktu setempat. Warriors memaksa Rockets ke gim ketujuh karena mengimbangi kedudukan 3-3.

Klay Thompson, garda tembak Warriors, menjadi pendulang angka terbanyak di pertandingan ini dengan 35 poin dari 13/23 tembakan, termasuk 9/14 tripoin. Dengan tripoin itu, ia pun naik tingkat ke posisi tujuh dalam deretan pencetak tripoin terbanyak di NBA Playoff. Sedikitnya, ia telah memasukkan 286 tripoin selama karirnya di babak itu.

“Saya kira saya memang terlahir untuk ini,” ujar Thompson tentang penampilannya di gim keenam seperti dikutip Bleacher Report.

Stephen Curry, garda utama, lalu menambahkan 29 poin, 6 asis, dan 5 rebound. Sementara itu, Kevin Durant menyumbang 23 poin, 7 rebound, dan 4 asis.

Di sisi lain, senter-forwarda Draymond Green hanya mencetak 4 poin dan 9 asis hari ini. Namun, ia membantu pertahanan dengan bermain defensif; mengoleksi 10 bola pantul, 5 blok, dan 4 curian bola. Ia bahkan menjadi pencetak 9 asis, 5 blok, dan 4 curian bola pertama dalam satu pertandingan selama 30 tahun terakhir.

Kendati demikian, Rockets sebenarnya sempat memimpin paruh pertama pertandingan. Mereka unggul 39-22 di kuarter satu, tapi Warriors berhasil memangkas defisit dengan running point 23-11; membuat Rockets hanya unggul lima poin. Sayangnya, upaya mereka membalikkan keadaan gagal setelah Eric Gordon, garda tembak Rockets, menghujani tuan rumah dengan tripoin (4/4 di paruh pertama) sehingga pasukan asal Houston itu tetap unggul 61-51.

Secara keseluruhan, Gordon mencetak 19 poin di pertandingan ini. James Harden, garda andalan Rockets, menjadi penyumbang angka terbanyak di timnya dengan 32 poin. Sementara itu, Trevor Ariza dan Gerald Green masing-masing 14 dan 11 poin. Namun, perolehan itu tidak cukup untuk menghentikan Warriors, apalagi Rockets bermain tanpa Chris Paul.

Para pemain Warriors berhasil memanfaatkan absennya Paul di pertandingan ini. Trio Thompson, Curry, dan Durant tampa leluasa melepaskan tembakan (31/63) dan mencetak angka. Secara keseluruhan, perolehan poin mereka berjumlah 86 poin—jumlah yang sama dengan total poin semua pemain Rockets hari ini.

Dengan demikian, Warriors pun sukses mengimbangi kedudukan 3-3. Mereka memaksa Rockets ke pertandingan ketujuh alias pertandingan penentuan. Ini pertama kalinya dua pertandingan final wilayah mesti berlangsung ke gim ketujuh sejak 1979.

Pertandingan Warriors versus Rockets akan berlangsung lusa di Houston.  

Foto: NBA

Komentar