IBL

Golden State Warriors memastikan diri ke final NBA untuk menantang Cleveland Cavaliers. Hasil itu mereka dapat setelah menumbangkan Houston Rockets 101-92 di Toyota Center, Houston, Texas, Amerika Serikat, Senin, 28 Mei 2018 waktu setempat. Kemenangan itu membuat Warriors unggul dengan kedudukan 4-3 di final wilayah.

Kevin Durant, forwarda Warriors, menjadi pencetak angka terbanyak dengan 34 poin dan tambahan 5 rebound, 5 asis, 3 blok. Stephen Curry di belakangnya dengan 27 poin dan tambahan 10 asis, 9 rebound, 4 curian bola. Klay Thompson lalu menambahkan 19 poin sementara Draymond Green dobel-dobel 10 poin dan 13 rebound.

Dalam kemenangan ini, Kepala Pelatih Steve Kerr memainkan Kevin Looney di barisan utama (starter). Ia memasang Looney yang biasanya bermain di posisi forwarda sebagai senter meski sebenarnya Warriors memiliki dua senter veteran: Zaza Pachulia dan JaVale McGee. Akibatnya, Clinta Capela, senter Rockets, leluasa bermain di area dekat ring dengan mencetak 20 poin dari 9/10 tembakan.

Sementara Capela dapat mencetak angka di area dekat ring, pemain lainnya justru kesulitan mencetak poin di luar garis tiga angka. Secara keseluruhan, Rockets hanya mencetak 7 dari 44 tripoinnya hari ini. Mereka bahkan gagal mencetak 27 tripoin beruntun sejak kuarter dua hingga medio kuarter akhir. Trevor Ariza, misalnya, mencatat 0/12 tembakan dengan 0/9 tripoin.

James Harden, garda andalan Rockets dan calon pemain terbaik NBA, juga kesulitan mencetak tembakan yang sama. Ia hanya memasukkan 2/13 tripoin, tetapi berhasil mengumpulkan 32 poin dari tembakan lain. Eric Gordon lalu menambahkan 23 poin meski ia pun kesulitan di belakang garis tiga angka (2/12). Sementara itu, garda utama Chris Paul belum bisa bermain lantaran mengalami cedera hamstring di gim kelima.

Ketika Rockets kesulitan, Warriors justru memanas di paruh kedua. Curry mencetak sedikitnya empat tripoin di kuarter tiga. Durant menambahkan sembilan poin di kuarter empat. Permainan keduanya membuat Rockets tak memiliki kesempatan unggul di sisa pertandingan. Warriors pun melaju ke final NBA untuk menantang lawan yang sama dalam empat musim beruntun: Cleveland Cavaliers.

Pertandingan final akan berlangsung pertama kali di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat pada Kamis malam, 31 Mei 2018 waktu setempat.  

Foto: NBA

Komentar