IBL

Forward Formosa Dreamers, James Forrester harus mengakhiri musim lebih awal. Ini karena pemain keturunan Filipina - Kanada itu divonis menderita cedera ACL. Memang ia masih bermain di tiga pertandingan, namun karena cederanya bertambah parah, maka tim dokter Dreamers memutuskan untuk tidak memperbolehkan Forrester bermain lagi.

Cedera itu sebenarnya didapatkan saat berlatih 2 Desember lalu. Tepatnya sebelum Dreamers bertandingan melawan Saigon Heat (6/12/2017). Kepada The Manila Times, Forrester menyebut bahwa tendon Achilles kanannya putus.

"Saya melompat untuk menerima bola, tapi saat mendarat saya merasakan sakit di bagian belakang tumit," ucapnya. "Saya berusaha sebaik mungkin untuk tetap bermain optimal di sisa laga hingga akhir tahun. Saya ingin membuktikan pada tim bahwa saya masih bisa bermain. Tapi ini jelas di luar kendali saya. Kondisi ini sudah terlalu parah."

Musim ini Forrester tampil cukup baik. Ia mencetak tujuh poin dan dua rebound selama 17 menit saat timnya kalah 73-94 dari CLS Knights Indonesia. Kemudian ia berusaha bangkit saat bertanding melawan Chongson Kung Fu. Forrester mencetak 2 poin, 3 rebound, 2 asis. Saat itu, Dreamers kalah 59-86 atas Kung Fu. Setelah mendapatkan cedera, justru Forrester bermain lebih baik. Ia sempat mencetak 15 poin di laga melawan Hong Kong Eastern Basketball Team jelang tutup tahun. Tapi akhirnya, kondisinya yang semakin parah memaksanya harus beristirahat. Forrester mengatakan butuh waktu setahun untuk mengembalikan kondisinya.

"Proses rehabilitasi cukup panjang. Minimal memakan waktu 6-8 bulan untuk pemulihan. Kalau dengan gaya bermain saya, maka saya tidak akan kembali ke lapangan, setidaknya untuk satu tahun dari sekarang. Hanya untuk meyakinkan bahwa saya benar-benar sembuh," katanya.

Mantan pemain PBA itu juga menyatakan bahwa akan menjalani rehabilitasi di Toronto, Kanada. Ia punya teman dekat yang juga seorang dokter. Di sana, dokter tersebut memiliki pusat rehabilitasi cedera.

"Saya akan melakukan rehab di teman dekat saya. Sementara itu, saya akan menghabiskan waktu di Kanada bersama anak dan keluarga saya. Saya berencana akan kembali ke bangku sekolah, hanya untuk mengisi waktu saya secara produktif, sementara memasuki masa penyembuhan," jelas pemain kelahiran 3 September 1989 tersebut.

Forrester adalah pemain yang masuk ke PBA melalui Draft tahun 2013. Ia diambil oleh Barangay Ginebra. Forrester hanya bermain satu musim. Kemudian ia pergi ke luar Filipina. Di awal musim ASEAN Basketball League (ABL) 2017-2018, Forrester akhirnya menerima pinangan Formosa Dreamers yang menjadi salah satu dari empat tim baru di liga tersebut. (*)

Foto: abscbnpr.com

Komentar