IBL

Timnas Indonesia akan mendapat amunisi tambahan untuk SEA Games 2023. Pada Senin (20/3) Komisi X DPR RI telah menyetujui naturalisasi Jerome Anthony Beane Jr. Proses naturalisasi garda poin Indonesia Patriots itu juga bersamaan dengan tiga pemain timnas sepakbola yaitu Justin Hubner, Rafel Struick, dan Ivan Jenner.

“Perbasi memiliki kebutuhan akan pemain yang memiliki tinggi badan diatas rata-rata pebasket lokal dan regional Asia. Saudara Beane punya pengalaman bertanding di Amerika Serikat dan juga di Eropa. Pengalaman dan kemampuannya dibutuhkan untuk skuat Timnas Basket,” kata Plt Menpora Muhadjir Effendy usai rapat kerja di DPR RI.

Dalam SEA Games memang tidak dibatasi jumlah pemain naturalisasi setiap negara. Pada SEA Games 2022 lalu, Perbasi membawa dua pemain naturalisasi yaitu Marques Bolden dan Brandon Jawato. Skuad tersebut berhasil mengantar Indonesia meraih emas SEA Games untuk pertama kalinya.

Namun, kedua pemain itu belum dipastikan bisa memperkuat Indonesia lagi. Bolden saat ini tengah berlaga di G-League. Termasuk Derrick Michael Xzavierro yang kini menempuh studi di Grand Canyon University, Arizona, AS. Untuk itu Perbasi memutuskan menambah satu pemain naturalisasi lagi.

“Ini jadi penting karena kemarin kita sudah dapat emas. Kemudian target kami sekarang adalah mempertahankannya. Tapi ternyata bukan hal yang mudah. Kalau SEA Games yang lalu bisa bawa pulang satu emas, besok bawa dua emas,” ungkap Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi saat ditemui pada Sertijab Plt Menpora pada 17 Maret lalu.

Beane musim ini ikut tampil di IBL bersama Patriots. Ia tampil rata-rata 33 menit per gim. Beane sudah tampil dalam 12 dari 20 gim. Pemain berusia 28 tahun itu mencatat rata-rata 21 poin, 5,5 rebound, dan 4,5 asis per gim.

Ia mengatakan senang dengan atmosfer basket di Indonesia. Beane melihat ada beberapa nilai yang diajarkan keluarnya yang juga ia lihat saat berada di sini. Seperti kebersamaan, kesatuan, dan kekeluargaan.

“Target saya secara kompetisi tentu ingin menang. Saya ingin berusaha untuk bisa mendapatkan medali emas untuk negara ini yang berhasil didapatkan tahun lalu. Saya juga ingin terus membantu basket Indonesia dan mendapatkan respect,” kata Beane kepada para awak media. (rag)

Foto: Kemenpora

Komentar