IBL

SEA Games 2023 akan berlangsung pada 5-17 Mei mendatang di Kamboja. Pada SEA Games edisi ke-32 itu rencananya mempertandingan 36 cabang olahraga (cabor) dengan 47 disiplin dan 581 nomor pertandingan. Serta satu cabor teqball yang masuk kategori demonstrasi.

Dalam keterangan resminya pada Selasa (17/1), Komite Olimpiade Indonesia (KOI) menjelaskan ada dua cabor utama yang dipertandingkan di SEA Games, yakni atletik dan akuatik. Sedangkan sisanya merupakan kewenangan tuan rumah.

“Pekan lalu ada rapat SEAGF, dan hasil rapat kemarin memutuskan finalisasi cabor SEA Games Kamboja. Ada beberapa yang tidak jadi dipertandingkan, seperti bodybuilding karena non-compliance dengan anti-doping code. Ada juga dance sports - kategori latin yang akhirnya diputuskan tidak dipertandingkan,” kata Ketua KOI Raja Sapta Oktohari.

Salah satu cabor andalan Indonesia yang tidak dipertandingkan adalah panahan. Okto mengatakan pihaknya telah melakukan tindakan preventif agar tarik ulur cabor tidak terjadi setiap SEA Games. Menurutnya ada aturan yang harus diubah agar mutu olahraga Asia Tenggara bisa meningkat.

“Aturan ini harus diubah, harus berkembang demi meningkatkan mutu olahraga ASEAN. Jadi cabor yang dipertandingkan di SEA Games ini harus merujuk kepada multievent di atasnya, yakni Asian Games dan juga Olimpiade, sehingga atlet yang dikirim ada acuan prestasinya,” lanjut Okto.

Pada SEA Games 2022 di Vietnam lalu mempertandingkan 40 cabor dengan 526 nomor pertandingan. Jumlah peserta mencapai 5467 atlet dari 11 negara Asia Tenggara. Indonesia menempati posisi ketiga klasemen akhir dengan 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu. Termasuk 1 emas, 1 perak, dan 1 perunggu dari cabor basket. Emas tersebut diraih timnas putra dan menjadi yang pertama bagi basket Indonesia dalam sejarah SEA Games. (rag)

Cabor SEA Games 2023 Kamboja:

Atletik

Akuatik (Renang, Loncat Indah, Polo air, Selam)

Bulutangkis

Basket

Biliard

Tinju

Catur (Xiangqi, Ouk Chatrang)

Kriket

Balap Sepeda (MTB, Road Race)

Dance-breaking

Esports

Anggar

Floorball

Sepak bola

Golf

Gymnastic (Artistik, Aerobik)

Hoki

Jetski

Judo

Karate

Martial Arts (Arnis, Jujitsu, Kickboxing, Kun Bokator, Muay, Vovinam)

Obstacle Race

Pencak Silat

Pentaque

Layar

Soft tennis

Sepak Takraw

Tenis Meja

Taekwondo

Traditional Boat Race

Tenis

Triathlon/Aquathlon/Duathlon

Voli (Indoor & Pantai)

Angkat Besi

Wrestling

Wushu

Demonstration Sport: Teqball

 

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar