IBL

Tim Nasional Basket Putra Indonesia akan menggelar seleksi tahap kedua pada 19-30 Agustus 2019. Seleksi ini merupakan lanjutan dari tahap pertama yang berlangsung akhir bulan Juli lalu. Setelah itu, dari seleksi tersebut ditambah dengan pemain yang tampil di Elang Cup 3 2019, akan dipilih 18 pemain untuk mengikuti pelatnas.

Pada tahap pertama lalu, ada 54 pemain yang diseleksi langsung oleh Kepala Pelatih Rajko Toroman. Dari jumlah tersebut ada 18 pemain yang lolos tahap kedua. Namun disamping proses seleksi, Rajko Toroman juga memimpin tim tampil di Elang Cup 3 2019 dengan nama Indonesia Selection. Jumlahnya ada 14 pemain. Langkah Indonesia Selection terhenti di semifinal setelah kalah 117-119 atas CSP Devils lewat empat kali overtime. Namun Indonesia berhasil mengamankan peringkat ketiga dengan menundukkan BBM Vikings Warriors Surabaya (92-71).

"Menurut Coach Toro, penampilan tim sudah bagus. Mereka menundukkan peningkatan sejak gim pertama hingga kelima. Para pemain (14 pemain) sudah mulai memahami sistem yang diterapkan oleh pelatih," ungkap Fareza Tamrella, manajer timnas Indonesia.

Fareza menambahkan, saat ini para pemain yang membela Indonesia Selection di Elang Cup 2019 dikembalikan ke klubnya masing-masing. Kecuali Vincent Rivaldi Kosasih. Sebab, ia akan mengikuti seleksi tahap kedua di Jakarta.

Berikut Daftar Nama Pemain Seleksi Tahap Kedua dan Indonesia Selection:

"Jadi sekarang kami mengantongi 32 nama, yaitu 14 nama dari Indonesia Selection, lalu 18 nama dari seleksi tahap kedua (setelah dikurangi Vincent). Nantinya dari jumlah tersebut akan dipilih 18 pemain untuk mengikuti pelatnas. Pengumuman pemain terpilih kemungkinan akan dilakukan pada awal September nanti," imbuhnya.

Sasaran utama pelatnas basket putra Indonesia terdekat adalah SEA Games 2019 di Manila, Filipina. Khusus untuk cabang olahraga basket akan dimulai pada 4-10 Desember 2019 mendatang. Kemudian setelah itu, timnas Indonesia akan tampil di Kualifikasi Piala Asia 2021. (tor)

Foto: Nur Adhyn

Komentar