IBL

Tim Nasional Basket Putra Indonesia menjadi salah satu dari delapan peserta Elang Cup 2019, di Medan, pada 7-13 Agustus mendatang. Pada turnamen tersebut, Timnas Indonesia tidak akan dibantu pemain asing. Kepala Pelatih Rajko Toroman akan melihat performa 14 pemain pilihannya.

Edy Hartono selaku panitia Elang Cup 2019 menyatakan bahwa batas akhir pengumpulan roster yaitu pada 3 Agustus 2019. Setiap peserta boleh memakai pemain asing. Kategori pemain asing ada dua, yaitu World dan Heritage. Untuk pemain asing dengan kategori World berjumlah dua orang. Sedangkan untuk Heritage (pemain asing dari kawasan Asia Tenggara) jumlahnya tidak dibatasi.

"Kalau World itu pemainnya dari luar kawasan Asia Tenggara. Setiap tim hanya boleh pakai dua saja. Sedangkan untuk yang Asia Tenggara jumlahnya bebas. Nanti tanggal 3 Agustus dikumpulkan roster tim," ucap Edy.

Sementara itu, Timnas Indonesia akan tampil tanpa bantuan pemain asing. Fareza Tamrella selaku manajer timnas Indonesia menyatakan akan membawa 14 pemain ke Medan. Jumlah tersebut dipilih dari 16 pemain yang sekarang sedang mengikuti pemusatan latihan di Jakarta.

"Sekarang ini ada 16 pemain yang ikut pemusatan latihan. Seharusnya 17, tapi karena Adhi Pratama tidak bisa bermain, maka jumlahnya jadi 16," kata Fareza. "Kami akan memilih 14 pemain untuk dibawa ke Medan. Kami tidak akan bawa pemain asing. Sebab Rajko Toroman ingin melihat kemampuan individu pada pemain timnas."

Saat ini di Jakarta juga tengah berlangsung agenda Seleksi Pemain Timnas Putra Indonesia. Jumlah pemain yang diseleksi ada 54 pemain. Namun yang terpilih dari seleksi tersebut tidak akan ikut ke Medan.

"Setelah dari Medan, nanti diputuskan. Berapa pemain yang dipertahankan, dan digabung dengan pemain yang terpilih dari seleksi. Kalau jumlah yang terpilih dalam seleksi, itu terserah Rajko Toroman. Tapi pada akhirnya, jatah jumlah pemain untuk pemusatan latihan sebanyak 18 pemain," kata Fareza.

Elang Cup 2019 merupakan turnamen yang digelar oleh klub Hawks Medan. Tahun ini ada delapan peserta yang bertanding, yaitu tuan rumah Methodist-2 Hawks, Red Baron Malaysia, BBM Vikings Warriors, CSP Devils, Adroit, Satria Muda Pertamina Jakarta, Prawira Bandung, dan Timnas Indonesia. (tor)

Daftar Pemain Pemusatan Latihan Timnas Putra Indonesia:

1. Andakara Prastawa Dhyaksa
2. Hardianus Lakudu
3. Widyanta Putra Teja
4. Abraham Damar Grahita
5. Juan Laurent Kokodiputra
6. Mei Joni
7. Indra Muhammad
8. Kaleb Ramot Gemilang
9. Hardian Wicaksono
10. M. Reza Fahdani Guntara
11. Tri Hartanto
12. Laurentius Steven Oei
13. Rivaldo Tandra Pangesthio
14. David Liberty Nuban
15. Yanuar Dwi Priasmoro
16. Arif Hidayat

Foto: Nur Adhyn

Komentar