IBL

Rajko Toroman kini sudah bertugas sebagai kepala pelatih Tim Nasional Basket Putra Indonesia. Sebagai tugas pertama, ia akan membawa timnas Indonesia mengikuti Elang Cup 2019 di Medan, pada 7-13 Agustus mendatang. Timnas Indonesia akan bertanding melawan tuan rumah Methodist-2 Hawks, Red Baron, Satria Muda, BBM Viking Warriors, CSP Devils, Prawira Bandung, dan Adroit.

Timnas Indonesia mengikuti William Jones Cup 2019 di Taiwan, 12-21 Juli lalu, dipimpin oleh Kepala Pelatih Wahyu Widayat Jati. Indonesia menang satu kali dari delapan pertandingan. Sepulang dari Taiwan, timnas Indonesia bersiap mengikuti turnamen tahunan yang digelar oleh klub Hawks, Medan. Namun kali ini, Indonesia akan dipimpin oleh Rajko Toroman. Kepala pelatih asal Serbia yang akan menangani timnas Indonesia di SEA Games 2019 dan Kualifikasi Piala Asia FIBA 2021.

Sebagai langkah awal, Rajko memanggil 15 pemain untuk diseleksi. Mereka adalah sembilan pemain yang tampil di William Jones 2019 yaitu Kaleb Ramot Gemilang, Juan Laurent Kokodiputra, Arif Hidayat, Yanuar Dwi Priasmoro, Mei Joni, M. Hardian Wicaksono, Indra Muhammad, Tri Hartanto, dan Widyanta Putra Teja. Selain nama-nama tersebut, ada enam pemain lain yang dipanggil yaitu Abraham Damar Grahita, David Liberty Nuban, Hardianus Lakudu, Laurentius Steven Oei, M. Reza Fahdani Guntara, dan Rivaldo Tandra Pangesthio.

Sebenarnya, Rajko juga memperhatikan penampilan timnas Indonesia di William Jones Cup 2019 lalu. Sebab, dirinya merupakan bagian dari tim Mighty Sports Filipina yang menjadi juara tahun ini. Tentunya, ia sudah tahu kelebihan dan kekurangan timnas Indonesia.

Elang Cup 2019 merupakan gelaran ketiga turnamen ini. Sama seperti sebelumnya, setiap peserta bisa memakai jasa pemain asing. Selain timnas Indonesia, ada dua kontestan IBL yang ikut, yaitu Satria Muda dan Prawira. (tor)

Foto: Dokumentasi Timnas Indonesia

Komentar