IBL

Baru pertama kali muncul, tim 3x3 asal Amerika Serikat, Princeton langsung menebar ancaman di ajang FIBA 3x3 tahun ini. Juara 3x3 Amerika Serikat tahun ini menjuarai Huaian Challenger 2018, 12-13 Mei. Kemenangan tersebut membuat mereka mendapatkan satu tiket di FIBA 3x3 World Tour musim ini.

Baca Juga: Tim Princeton Menjuarai USA Basketball 3x3 National Championship 2018

Princeton baru muncul di Huaian Challenger, Cina. Mereka memang baru ikut Challenger setelah menjuarai USA Basketball 3x3 National Championship 2018. Meski begitu, empat pemain 3x3 tebaik Amerika Serikat ini membuktikan kualitasnya. Princeton terdiri dari Damon Huffman, Kareem Maddox, bintang 3x3 Amerika Serikat, Dan Mavraides dan mantan pemain Minnesota Timberwolves 2013-2015, Robbie Hummel.

Perjalanan Princeton di awal kurang baik. Mereka sudah bertemu Liman (Serbia) di babak penyisihan grup dan kalah 16-17. Tetapi karena menang 22-9 atas Shanghai (Cina), Princeton tetap lolos ke babak delapan besar.

Di babak playoff, Princeton membantai tiga tim 3x3 terbaik dari Serbia. Pertama, mereka mengalahkan Belgrade dengan skor 14-12 di delapan besar. Setelah itu, Princeton berjumpa dengan tim 3x3 terbaik dunia, Novi Sad, di babak semifinal. Dusan Bulut dan kawan-kawan tidak mampu menahan keperkasaan Princeton dan menyerah 15-19.

Di partai puncak, lagi-lagi mereka bertemu Liman. Tapi kali ini hasilnya berbeda, Princeton bisa menang 21-19. Akurasi tembakan Dan Mavraides, berpadu dengan kekuatan Maddox dan Hummel. Kemenangan di Huaian Challenger membuat mereka mendapatkan tiket ke Kuala Lumpur Masters 2018.

Selanjutnya ada dua agenda Challenger yang digelar bersamaan, yaitu Sydney Challenger, Australia dan Tinkoff Moscow Challenger, Rusia. Dua turnamen tersebut akan digelar 18-19 Mei.(*)

Foto: Instagram Dan Mavraides

Komentar