IBL

Pelatnas 3x3 Putra Indonesia untuk Asian Games 2018 akan kembali menguji kekuatan. Akhir bulan ini, mereka akan bertolak ke Lithuania untuk mengikuti Kaunas Challenger 2018. Dari enam pemain pelatnas yang ada sekarang, akan diberangkatkan empat pemain. Termasuk pemain baru Agassi Goantara.

Kaunas Challenger adalah salah satu dari 20 FIBA 3x3 Challenger tahun ini. Challenger sendiri merupakan turnamen 3x3 profesional yang menjadi pintu masuk menuju FIBA 3x3 World Tour Masters. Semua tim membawa nama kota masing-masing. Pelatnas 3x3 putra Indonesia rencananya akan mengikuti dua Challenger yaitu Kaunas dan Lignano Sabbiadoro, Italia. Kaunas Challenger berlangsung 30 Juni hingga 1 Juli 2018 mendatang.

Tim Indonesia kali ini diperkuat oleh Rivaldo Tandra Pangesthio, Erick Jonathan Gosal, Vincent Rivaldi Kosasih dan Agassi Goantara. Tim ini menggunakan nama Bandung di Kaunas Challenger.

"Penggunaan nama Bandung karena Rivaldo dulu pernah tampil di FIBA 3x3 World Tour Utsonomiya Masters tahun 2016 memakai nama Bandung. Dia saat itu bersama Xaverius Prawiro, Jonathan Maurice dan Juan Laurent Kokodiputra," kata Kepala Sub-Bidang 3x3 Perbasi, Anthony Gunawan.

Menariknya, ada nama Agassi Goantara di tim tersebut. Agassi akhir-akhir ini menjadi buah bibir karena menjadi pemain Indonesia yang berkiprah di liga basket pelajar di Amerika Serikat. Ia menempuh pendidikan di Walnut High School. Ia pernah memenangi gelar Most Valuable Player di Glendora Tournament sekaligus mengantar sekolahnya menjadi juara. Di tahun terakhir bersama Mustangs Basketball, Agassi mencetak 18,8 poin, 5,5 rebound dan 1,2 asis per pertandingan dari 30 laga. Agassi kini direkrut oleh University of La Verne, California, dan akan bermain di NCAA Divisi 3. Untuk 3x3, Agassi pernah membela timnas Indonesia di International Tournament U15 di Roma, Italia, pada tahun 2015. Agassi juga masuk roster Stapac Jakarta di IBL 2017-2018 lalu, tetapi tidak pernah bermain.

Salah satu pemain yang juga ditunggu aksinya adalah Vincent Rivaldi Kosasih. Senter timnas Indonesia di SEA Games 2017 Kuala Lumpur ini memang diharapkan bisa menambah keperkasaan tim 3x3 Indonesia di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Vincent memang tidak ikut pemusatan latihan secara intensif lantaran sedang menyelesaikan pendidikannya di Cina.

"Agassi memang baru masuk. Tapi dia sudah pernah main 3x3 di Italia. Jadi tinggal menyesuaikan saja dengan tim yang ada. Dia pemain yang pintar dan tidak takut kontak fisik. Tambahan Agassi dan Vincent pelan-pelan akan menambal bagian yang hilang dari tim putra," tambah Anthony.

Sementara itu, Manajer Timnas 3x3 Indonesia untuk Asian Games 2018, Fareza Tamrella mengungkapkan bahwa ada enam pemain yang saat ini berstatus sebagai pemain pelatnas yaitu Vincent Kosasih, Rivaldo Pangesthio, Erick Gosal, Reza Guntara, Nuke Tri Saputra, Agassi Goantara. Sedangkan Moses Poetiray akan fokus di FIBA 3x3 U23 Nations League.

"Pelatnas sudah berlatih sejak 18 Juni lalu. Saat ini untuk putra fokus di dua Challenger yang akan diikuti. Di Challenger, kami tidak mematok target muluk, karena turnamen ini diikuti tim-tim 3x3 profesional. Jadi setidaknya kami bisa lolos ke babak penyisihan, sembari mematangkan tim untuk Asian Games," kata Fareza.(*)

Foto: fiba.com dan walnutmustangathletics.com

Komentar