IBL

Timnas 3x3 Putri Indonesia berhasil menundukkan Uruguay dengan skor 22-15, dalam lanjutan Kualifikasi Olimpade Tokyo, 28 Mei 2021, waktu Austria. Akurasi tembakan jarak jauh yang membuat lawan bertekuk lutut dari timnas Indonesia.

Indonesia diperkuat oleh Lea Kahol, Nathania Orville, Dyah Lestari dan Ayu Sriartha. Sementara di kubu Uruguay ada Victoria Pereyra, Aldana Gayoso, Sabina Bello, dan Florencia Somma.

Indonesia memimpin 2-0 dari tembakan gratis Nathania dan Ayu. Tapi Uruguay menyamakan kedudukan 2-2 lewat tembakan dua angka dari Aldana Gayoso. Sampai di sisa waktu lima menit, Indonesia masih tertinggal 6-7 dari Uruguay.

Momentum kemenangan Indonesia terjadi saat Ayu Sriartha memasukkan tembakan dua angka. Setelahnya, giliran Dyah Lestari yang membuat Indonesia berbalik unggul 10-7 di sisa waktu empat menit. Sejak saat itu, Indonesia terus memimpin jalannya pertandingan.

Nathania mencetak tembakan dua angka di sisa 35 detik. Indonesia memimpin 20-13. Setelah itu, Uruguay bisa menambahkan dua poin dari dalam paint area, yang masing-masing bernilai satu poin. Indonesia masih memimpin 20-15. Di sisa 7 detik, Ayu Sriartha melihat Dyah Lestari berdiri di sudut lapangan. Dengan cekatan Ayu memberikan bolanya, dan Dyah bisa memasukkan tembakan dua angka untuk menyudahi perlawanan Uruguay dengan skor 22-15.

Dyah dan Nathania sama-sama mencetak 7 poin. Ayu menambahkan 6 poin, dan Lea Kahol menyumbang 2 poin. Indonesia mencetak akurasi tembakan 16/36, dengan tembakan dua angka 6/18. Dyah mencetak 3 kali tembakan dua angka.

Lewat kemenangan tersebut Indonesia naik ke peringkat keempat dari lima negara di Grup A. Sedangkan pada pertandingan terakhir, Indonesia berhadapan dengan Perancis yang saat ini menempati peringkat kedua di bawah Amerika Serikat. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar