IBL

Setelah melewati pemusatan latihan di Surabaya selama beberapa bulan terakhir, Timnas 3x3 Putri Indonesia siap berangkat ke Austria. Target realistisnya, Indonesia bisa mengambil pelajaran dari turnamen ini. Sebab, mereka berniat membangun tim 3x3 yang kuat untuk ajang SEA Games 2021 mendatang.

Setelah menjalani pemusatan latihan dengan protokol kesehatan yang ketat, akhirnya terpilih empat pemain untuk diberangkatkan ke Graz, Austria. Mereka akan berjuang di turnamen kualifikasi Olimpiade Tokyo pada 26-30 Mei 2021. Indonesia membawa misi yang sulit. Empat pemain yang akan dibawa ke Austria yaitu Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi, Lea Elvensia Wolobubo Kahol, Nathania Claresta Orville, dan Dyah Lestari. Sementara, dua pemain yang tidak dibawa ke Austria adalah Gabriel Sophia dan Henny Sutjiono.

Hanya ada 8 tim dari masing-masing kategori yang akan tampil di babak utama Olimpiade di Tokyo. Delapan tim tersebut dipilih dari tiga jalur. Pertama, jalur bebas hambatan atau tanpa kualifikasi. Mereka adalah empat tim yang punya peringkat empat besar federasi di FIBA 3x3. Untuk kategori putri sudah ada Rusia, Tiongkok, Mongolia, dan Rumania.

Kemudian jalur kedua adalah lewat Turnamen Kualifikasi Olimpiade (OQT). Turnamen ini yang akan diikuti oleh Indonesia, bersama 19 negara lainnya. Masing-masing kategori ada 20 negara yang ikut. Mereka hanya memperebutkan tiga tiket lolos ke Olimpiade. Sementara jalur ketiga melalui University Olympic Qualifying Tournamen (UOQT). Jalur terakhir ini akan diikuti oleh enam tim saja, dan memperebutkan satu tiket ke Olimpiade Tokyo.

(Sumber: fiba.basketball)

Kembali ke Timnas 3x3 Putri Indonesia. Mereka akan bertanding di Grup A melawan Perancis, Amerika Serikat, Jerman, dan Uruguay. Jadwal pertandingan sendiri juga sangat berat. Di hari Kamis, 27 Mei 2021, Indonesia akan berhadapan dengan Amerika Serikat dan Jerman. Kemudian pada hari Sabtu, 29 Mei 2021, Indonesia dijadwalkan bertanding melawan Perancis dan Uruguay. (tor)

Foto: Yoga Prakasita

Komentar