IBL

Timnas putri Indonesia nyaris tak mengalami perubahan roster pada keikutsertaannya di turnamen internasional dalam dua tahun terakhir. Dari website resmi Asian Games 2023 Hangzhou, Indonesia mencantumkan 13 pemain.

Sebanyak sebelas di antaranya merupakan pemain yang mengantar Indonesia menjuarai FIBA Women’s Asia Cup 2023 Divisi B. Dengan hasil itu, Indonesia pun promosi ke Divisi A. Mereka juga merupakan peraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja.

Sedangkan dalam roster Asian Games 2023 ini ada dua nama “baru” yang dibawa. Mereka adalah Angelica Jennifer Candra dan Lea Elvensia Kahol. (daftar lengkap ada di bawah)

Angelica pernah memperkuat Indonesia di tim 5v5 SEA Games 2022. Pada edisi tersebut, Indonesia meraih perak. Angelica saat ini masih berusia 18 tahun. Angelica merupakan pemain yang tampil di FIBA U16 Women's Asian Championships 2021 Divisi B.

Sementara Lea merupakan MVP FIBA 3X3 U18 Asia Cup 2017. Pemain asal Merauke itu kembali ke timnas usai mengalami cedera ACL tahun lalu. Membuat Lea harus absen di dua edisi terakhir SEA Games.

Kabar baiknya Indonesia tetap bisa membawa Kimberley Pierre-Louis di Asian Games 2023. Sebelumnya disebutkan mereka terancam tidak bisa membawa pemain naturalisasi yang belum tiga tahun.

Setelah FIBA Women’s Asia Cup 2023 Divisi B selesai, Indonesia langsung melanjutkan program pemusatan latihan di Surabaya. Mereka juga sempat menjalani sesi latihan khusus dengan asisten pelatih Los Angeles Lakers, Phil Handy.

Dalam Asian Games 2023 ini, Indonesia tergabung di Grup A. Mereka bersaing dengan Cina, India, dan Mongolia.

Timnas putri Indonesia akan menjalani laga perdana di Asian Games 2023 pada lusa. Mereka akan meladeni India di Shaoxing Olympic Sports Centre Gymnasium pada pukul 20.00. Lalu menantang tuan rumah Cina pada Jumat (29/9) pukul 20.00. Berlanjut melawan Mongolia pada 1 Oktober 2023 pukul 20.00. (rag)

Berikut roster pemain Indonesia Asian Games 2023:

Yuni Anggraeni

Clarita Antonio

Jesslyn Angelique Aritonang

Angelica Jennifer Candra

Lea Elvensia Wolobubo Kahol

Priscilla Annabel Karen

Dewa Made Ayu Sriartha Kusuma

Dyah Lestari

Kimberley Pierre-Louis

Nathania Claresta Orville

Agustin Gradita Retong

Henny Sutjiono

Faizzatus Shoimah

 

Foto: FIBA

EXTERNAL ARTICLES