IBL

Tim nasional putri Indonesia menggelar pemusatan latihan sekaligus seleksi dalam rangka SEA Games 2022. Pemusatan latihan dan seleksi ini dilakukan di Surabaya dengan total pemanggilan nama mencapai 20 pemain. Tim masih dipimpin oleh manajer Christopher Tanuwidjaja dan kepala pelatih Lin Chi-Wen.

Secara jadwal, sebenarnya pemusatan latihan dimulai pada 4 Februari 2022. Namun, dengan semakin meningkatnya penyebaran kasus covid-19, para pemain baru menjalani tes usap kemarin dan hari ini, Senin 7 Februari, akan mulai berlatih.

Dari 20 nama yang dipanggil, mayoritas adalah pemain yang berlaga di FIBA Women's Asia Cup 2021 Division B. Seluruh 12 pemain yang berangkat ke Yordania kala itu ada dalam pemusatan latihan kali ini.

Di luar mereka, ada delapan nama lain yang merupakan kombinasi pemain muda, veteran, dan satu pemain naturalisasi lain. Peyton Whitted yang merupakan pemain naturalisasi pada SEA Games 2019 untuk cabang olahraga (cabor) 3X3 kini bergeser ke 5v5. Peyton diketahui menghabiskan dua tahun terakhir bermain di Turki.

Muncul juga nama Natasha Debby Christaline. Pemain yang terakhir membela timnas Indonesia di Asian Games 2018 ini diketahui pindah untuk melanjutkan studi dan bekerja ke Australia pada 2019 lalu. Ini jadi kali pertama nama Debby terlibat lagi di basket Indonesia sejak ia hijrah ke Australia.

Sisanya adalah pemain yang terlibat di PON 2020 Papua, pemain kelahiran akhir dekade 90-an dan awal 2000-an. Mereka adalah Dyah Lestari, Dewa Ayu Made Sriartha, Adelaide Callista Wongsohardjo, Faizzatus Shoimah, Clarita Antonio, dan Husna Latifah. 

SEA Games 2022 sendiri harusnya digelar pada 2021. Masih akan bertempat di Vietnam, SEA Games dijadwalkan mulai pada 12 Mei 2022.

Berikut nama-nama yang ikut seleksi.

Yuni Anggraeni

Kadek Pratita Citta Dewi

Mega Nanda Perdana Putri

Sumiati

Agustin Gradita Retong

Nathania Claresta Orville

Gabriel Sophia

Henny Sutjiono

Priscilla Annabel Karen

Lea Kahol

Angelica Jennifer Candra

Natasha Debby Christaline

Dewa Ayu Made Sriartha

Dyah Lestari

Adelaide Callista Wongsohardjo

Faizzatus Shoimah

Husna Latifah

Clarita Antonio

Kimberley Pierre-Louis

Peyton Whitted

Foto: FIBA

Komentar