IBL

Tim Princeton membawa pulang gelar juara USA Basketball 3x3 National Championship 2018 di Colorago Springs, 21-22 April lalu. Kemenangan tersebut membuat mereka bisa tampil di FIBA 3x3 World Tour Masters Mexico City, 8-9 September mendatang.

Princeton berisi Damon Huffman, Kareem Maddox, Craig Moore dan kapten tim Dan Mavraides. Mereka menundukkan Tim 3Ball Minnesota di final dengan skor 21-14. Tim ini punya Kareem Maddox yang menyumbang delapan poin sekaligus menjadi MVP turnamen tersebut.

Tahun ini, mereka benar-benar berupaya keras untuk bisa tampil di FIBA World Tour. Sebab, di musim pertamanya tahun 2017 lalu, Princeton kalah dari Ljubljana, 11-17, di babak penyisihan Saskatoon Masters. Mereka berharap dengan bantuan Maddox yang menggantikan Zahir Carrington, tim ini bisa mencetak prestasi lebih baik.

"Untuk lolos ke Mexico Masters benar-benar sulit. Kami melakukan banyak persiapan sebelum Kejuaraan Nasional 3x3 Amerika Serikat," kata Dan Mavraides, kepada fiba.com. "Tahun lalu kami juga tampil di Saskatoon Masters, tapi saat itu banyak sekali kendala yang kami hadapi. Ternyata kami sadar bahwa pertumbuhan 3x3 di dunia sungguh luar biasa. Oleh karena itu, kami tidak boleh terlena musim ini."

Dua tahun belakangan, Princeton jadi tim 3x3 terbaik di Amerika Serikat setelah era New York Harlem. Princeton berhasil memenangi NBA Dew 3x Tour 2017, lalu tahun ini bisa memenangkan Kejuaraan Nasional. Damon Huffman dan Craig Moore, menjadi pemain 3x3 peringkat satu dan dua di Amerika Serikat. Mereka menggeser pemain NY Harlem, Dominique Jones dan David Seagers.

FIBA 3x3 World Tour Masters 2018 akan berlangsung di sembilan kota. Seri pertama akan dimulai 28 Juli 2018 di Utsonomiya, Jepang. Saat ini, tim-tim 3x3 sedang berjuang mendapatkan tiket ke World Tour Masters melalui Kejuaraan Nasional di negaranya masing-masing, atau di FIBA 3x3 Challanger. (*)

Foto: usab.com

Komentar