IBL

FIBA 3x3 World Tour (Tur Dunia) sudah kembali digelar. Ada tiga seri Masters yang akan dijadikan sebagai uji coba, sebelum seri-seri berikutnya digelar. Untuk pertama kali setelah masa pandemi virus korona, Debrecen ditunjuh sebagai tuan rumah pada turnamen yang berlangsung 29-30 Agustus 2020. 12 tim bertanding dengan mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditentukan. Akhirnya, Liman dari Serbia yang berhasil menjadi juara Debrecen Masters 2020.

Liman memenangkan FIBA 3x3 World Tour Debrecen Masters untuk kedua kalinya berturut-turut, dan ketiga kalinya dalam sejarah World Tour (2017, 2019, 2020). Tim 3x3 peringkat satu dunia itu sapu bersih di Debrecen, Hungaria. Di gim final, mereka menang 21-17Utena Uniclub (Lithuania). Stefan Stojacic dan Aleksandar Ratkov keduanya mencetak 8 poin yang berlangsung dramatis.

Stefan Stojacic juga terpilih sebagai MVP di Debrechen Master. Pria yang dikenal sebagai 'Mister Robot' adalah mesin poin Liman. Ia mencetak 41 poin dalam 5 pertandingan. Kemenangan tersebut menjadi istimewa bagi pemain Liman lainnya yaitu Stefan Kojic. Karena selain juara, Kojic mendapatkan telepon dari keluarganya bahwa anaknya telah lahir.

Sementara itu, dalam kontes individu, Rafal 'Lipek' Lipinski (Polandia) memenangkan Slam Dunk Contest. Kemudian Arvin Slagter dari Amsterdam mendominasi di Shoot-Out Contest.

FIBA 3x3 World Tour Debrecen Masters 2020 adalah kompetisi resmi ​pertama sejak FIBA ​menunda​ semua kompetisinya karena wabah Covid-19 pada 13 Maret 2020. Ada 3 Masters yang digelar sebagai langkah awal mengembalikan turnamen 3x3 level dunia. Debrecen yang pertama, kemudian ada Hungaria Master (1-2 September), dan Eropa Master (4-5 September).

Semua pemain dan petugas pertandingan diwajibkan mengikuti protokol keselamatan yang diawasi oleh otoritas lokal dan nasional. Mereka juga mematuhi Panduan Bola Basket dari FIBA, yang dikembangkan oleh FIBA ​​Medical Advisory Group (MAG). (tor)

Foto: FIBA

Komentar