IBL

FIBA 3x3 World Tour (Tur Dunia) untuk musim 2020 mulai digulirkan pada bulan Agustus 2020 mendatang. Ada tiga seri Masters yang bakal digelar. Untuk seri Masters selanjutnya, FIBA masih menyusun jadwalnya. Sebab, FIBA masih mempertimbangkan perkembangan situasi virus korona.

FIBA akan menggulirkan kembali 3x3 World Tour musim ini yang sempat tertunda karena pandemi virus korona. Tapi tidak semua tanggal dan kota penyelenggaraan diumumkan. Hanya tiga seri Masters saja yang akan digelar. Selebihnya, FIBA akan melihat situasi pandemi virus korona. Tiga Master tersebut berlangsung di dua kota yaitu Debrecen, Hungaria (29-30 Agustus 2020), serta Bucharest, Rumania (5-6 September dan 11-12 September).

FIBA menganggap Debrecen dan Bucharest siap jadi tuan rumah, karena sudah enam musim selalu ada salah satu seri Masters di kota tersebut. Selain itu, Debrecen dan Bucharest sanggup melaksanakan protokol kesehatan dan keselamatan yang diminta oleh FIBA ​​Medical Advisory Group (MAG).

Ada perbedaan untuk syarat peserta musim ini. Biasanya, dalam kondisi normal, tim peserta FIBA 3x3 World Tour ditentukan dengan turnamen kualifikasi. Tetapi karena mempertimbangkan situasi sekarang, maka peserta Debrecen Masters dan Bucharest Masters ditetapkan sesuai peringkat tim FIBA 3x3. Namun bila situasi sudah kondusif, maka syarat menjadi peserta akan kembali seperti semula.

FIBA sebenarnya sudah punya jadwal untuk beberapa seri Masters hingga final untuk musim ini. Tapi mereka memilih untuk melihat situasi pandemi lebih dulu. Sementara itu, untuk beberapa kota sudah pasti dihapus dari daftar tuan rumah dan dialihkan untuk musim depan. Kota tersebut yaitu Abu Dhabi, Chengdu, Mexico City, Utsonomiya, Praha, Lausanne, Los Angeles, dan Nanjing.

FIBA akan terus memantau situasi pandemi virus korona setiap hari. Mereka akan mengumumkan pembaruan lebih lanjut terkait semua Kompetisi FIBA secara berkala. (tor)

Foto: FIBA 3x3

 

Komentar