IBL

Merpati Bali dominan atas Sahabat Semarang di laga terakhir babak penyisihan grup Playoff Piala Srikandi 2018-2019, Rabu, 24 April 2019. Merpati menang dengan skor 59-40. Dengan begitu, Merpati menduduki puncak klasemen Grup A. Di semifinal, Merpati akan bertanding melawan Tanago Friesian Jakarta sebagai runner-up Grup B.

Dominasi Merpati dimulai sejak babak pertama. Merpati unggul 16-10 di kuarter pertama, dan menjauh 29-15 di kuarter kedua. Sahabat hanya mampu menambahkan lima poin selama kuarter kedua.

Sahabat bangkit di kuarter ketiga. Mereka menghasilkan 18 poin. Momentum tersebut didapatkan setelah Merpati melakukan lima kali pelanggaran di sisa waktu dua menit. Sahabat bisa memanfaatkan enam kali tembakan gratis yang didapatkan. Hasilnya, Sahabat mendekat 33-38 di kuarter ketiga.

Di kuarter keempat, Merpati kembali dominan. Mereka bisa unggul 21-7, yang membuat skor terpaut 19 poin (59-40). Kemenangan ini memastikan Merpati menjadi pemimpin klasemen Grup A dengan dua kali kemenangan di babak penyisihan.

"Kami mendapat pelajaran dari Merpati Bali. Selanjutnya fokus kami menatap GMC Cirebon. Kami harus lebih baik lagi," kata Ratnani Ayu Pertiwi, pemain Sahabat.

Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi mencetak 10 poin dan 11 rebound. Menariknya, semua pemain Merpati berkontribusi poin di laga ini. Sebaliknya, di tim Sahabat, Dyah Lestari menyumbang 11 poin dan 15 rebound. Disusul Yuni Anggraeni dengan tambahan 13 poin.

Kedua tim sama-sama kurang baik dalam hal akurasi tembakan. Merpati hanya mencetak 22 tembakan dari 64 percobaan. Itu sudah termasuk 2 dari 23 percobaan tripoin. Sementara Sahabat hanya 19 persen (11 dari 56 percobaan tembakan).

Merpati unggul di area kunci. Mereka mencetak 28 poin dari area cat, sedangkan Sahabat hanya 14 poin. Kemudian, Sahabat melakukan 21 kali turnover yang mampu dimanfaatkan Merpati menjadi 17 poin.

Format untuk semifinal adalah menyilangkan dua tim terbaik dari masing-masing grup. Artinya, sebagai pemimpin klasemen, Merpati akan berhadapan dengan Tanago Friesian Jakarta yang menjadi runner-up Grup B. Sementara Sahabat di tempat kedua akan menghadapi GMC Cirebon yang sukses menduduki peringkat pertama Grup B. (tor)

Foto: Alexander Anggriawan

Komentar