IBL

Kunjungan Menteri BUMN Erick Thohir melihat pelaksanaan PON XX Papua 2021 dimanfaatkan juga untuk mengunjungi Jacklien Ibo. Jacklien Ibo sudah hampir setahun ini mengalami sakit. Sempat didiagnosa mengalami masalah di paru-paru. Beratnya turun drastis. Beberapa pebasket sempat membuka donasi untuk membantu Jacklien. 

"Saya tadi mampir ke rumah Jacklien Ibo. Bertemu juga dengan kedua orang tuanya. Saya minta tetap semangat dalam menghadapi cobaan," kata Erick Thohir. Ia menyebut Jacklien akan dibawa ke rumah sakit untuk menjalani mengobatan. "Biayanya full ditanggung pemerintah. Kami juga akan membantunya untuk kehidupan sehari-hari. Kami akan terus pantau kondisinya," terang Erick.

Pada Juni lalu, beberapa mantan atlet basket nasional lain turun tangan membuka donasi untuk memberikan bantuan buat Jacklien Ibo. Termasuk Augie Fantinus, eks manajer Timnas Basket putri Indonesia di SEA Games 2015.

Ketika menjadi pemain, banyak prestasi diraih Jacklien Ibo. Pemain kelahiran Jayapura, 25 November 1990 itu pernah menjadi pemain MVP (most valuable players) pertama di Women’s National Basketball League (WNBL) pada 2012. Saat itu dia masih membela Tomang Sakti Mighty Bees. Ketika bermain di WNBL, Jacklien banyak meraih prestasi. Jacklien juga sempat mendapatkan Sportsmanship Award, Defensive Player of the Year WNBL, Top Block, Top Rebound, dan beberapa kali menjadi First Team. Dia juga pernah membela Timnas Basket Putri di ajang SEA Games. Ia bermain pada 2007, 2011, 2013, dan 2015. Prestasi terbaiknya bersama timnas adalah meraih perak pada SEA Games 2015.

Jacklien Ibo terakhir membela Merpati Bali di Srikandi Cup. Namun di musim 2017-2018, ia mundur karena diterima menjadi PNS.

Hanya Mau Berobat Jalan

Pengurus Provinsi (Pengprov) Perbasi Papua sangat mengapresiasi kunjungan Menteri BUMN Erick Thohir ke kediaman Jacklien Ibo di kawasan danau Sentani. Selain memberi semangat dan bantuan, Pengprov Perbasi Papua berharap beliau bisa membujuk Jacklien untuk mau berobat ke rumah sakit. Karena selama ini yang bersangkutan hanya ingin berobat jalan saja. Sementara kalau dilihat dari kondisinya, Jacklien memang butuh dirujuk ke rumah sakit. 

"Dari Pengprov sebenarnya sudah meminta Jacklien untuk mau dibawa ke rumah sakit. Tapi yang bersangkutan tidak mau. Dia hanya berobat jalan saja. Jadi kalau obatnya habis, dia baru ke rumah sakit untuk beli obat," ungkap Frengky Apollos, sekretaris umum Pengprov Perbasi Papua, Senin pagi, 4 Oktober 2021. 

Menurut Frengky, selain penyakitnya, rumah Jacklien juga sudah tidak layak huni. Rumah tersebut pernah terendam saat banjir bandang di sekitar danau Sentani pada tahun 2019. Frengky sebagai perwakilan dari Pengprov Perbasi Papua mengucapkan terima kasih kepada Erick Thohir yang meluangkan waktu datang ke rumah Jacklien.

"Kami sangat bangga dan berterima kasih kepada Pak Menteri, karena kami tahu seperti apa kondisi perkampungan tersebut. Beliau mau datang meski sudah malam sekali. Beliau memang dikenal dekat dengan anak-anak basket, jadi mungkin Jacklien mau mendengarkan saran-saran dari Pak Menteri. Terutama soal penyakitnya," imbuh Frengky. 

Erick Thohir memang berada di Papua untuk mendampingi Presiden Joko Widodo membuka gelaran PON XX di Jayapura. Namun Pengprov Perbasi Papua berharap Erick Thohir mau menyempatkan diri untuk melihat pertandingan bola basket PON XX di Mimika Sports Complex. (gun/tor)

Foto-Foto: Dokumentasi Erick Thohir

Komentar