IBL

Houston Rockets kembali menunjukkan keseriusannya jelang menghadapi musim 2019-2020. Melalui rilis resmi NBA, Rockets dipastikan menambah kekuatan mereka dengan merekrut Thabo Sefolosha. Pemain berusia 35 tahun tersebut mendapatkan kontrak satu musim bernilai minimal veteran. Kontrak Thabo juga sepenuhnya bergaransi.

Bergabungnya Thabo membuat nuansa skuat Oklahoma City Thunder 2012 semakin kental. Ya, dalam skuat ini, sudah ada dua pemain yang juga tergabung dalam skuat Thunder yang kala itu melaju ke final, James Harden dan Russell Westbrook. Namun, situasi cukup berubah drastis dari terakhir kali ketiga pemain ini bermain dalam satu tim.

Pada 2012, Thabo adalah pilihan utama Kepala Pelatih Thunder kala itu, Scott Brooks. Kemampuannya bertahan dan akurasi tripoinnya yang cukup bagus membuatnya mendapatkan tempat itu. Sementara Harden kala itu masih berfungsi sebagai sixth man yang bahkan membuatnya mendapatkan gelar Sixth Man of the Year di tahun 2012.

Setelah musim itu, Harden telah berkembang menjadi salah satu pencetak angka terbaik di NBA hingga meraih gelar MVP di tahun 2018. Di sisi lain, Russell Westbrook juga berhasil terus meningkatkan performanya dan meraih gelar serupa di tahun 2017. Sementara itu, Thabo terus kehilangan posisi utamanya bersama Atlanta Hawks dan Utah Jazz dua musim terakhir.

Musim lalu, ia turun dalam 50 gim dengan hanya dua di antaranya sebagai pemain utama (starter). Turun rata-rata 12,2 menit, pemain asal Swiss ini mengemas 3,8 poin, 2,5 rebound, dan 0,9 steal per gim. Meski terlihat tidak spesial, pemain yang selalu menggunakan Nike Air Max saat bermain ini memiliki efektivitas tembakan yang apik. Catatan eFG% Thabo berada di 59 persen. Sementara akurasi tripoinnya menyentuh 43 persen.

Thabo sendiri bukanlah pemain dengan karakter bertahan dan penembak tripoin pertama dalam skuat Rockets. Sebelumnya sudah ada pemain seperti P.J. Tucker, Gerald Green, dan Danuel House yang memiliki karakter serupa. Hal ini semakin menguatkan niat Rockets untuk mempertahankan permainan small ball mereka di musim depan. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar