NBA dan Hari Ibu
6 months ago


Tanggal 14 Mei selalu diperingati sebagai hari ibu di Amerika Serikat, berbeda dengan Indonesia yang merayakannya setiap tanggal 22 Desember. Semua orang tahu bahwa peran orang tua sangatlah penting bagi seseorang. Di seluruh belahan bumi manapun kita diajarkan untuk menghormati orang tua kita, terlebih seorang ibu.

Tidak terkecuali di basket, khususnya NBA. NBA ikut menyemarakan perayaan hari ibu. Sebenarnya tidak hanya hari ibu saja yang dirayakan di NBA, hari-hari besar lainnya pun turut mendapatkan perhatian yang besar dari liga. Black History Month, hari kanker payudara, hari natal dan beberapa yang lainnya termasuk perayaan yang mendapatkan tempat spesial di NBA.

NBA juga menggelar beberapa kegiatan amal yang dibungkus dalam kemasan “NBA Cares” yang sudah sangat sering kita lihat.

Selain urusan-urusan di atas, beberapa kali NBA menangkap momen-momen antara para pemainnya dengan sang ibu. Diawali oleh legenda sekaligus pemain yang dinobatkan sebagai “The Greatest of All Time”, Michael Jordan. Michael sempat membintangi iklan bersama ibunya yakni Deloris Jordan. Iklan itu sendiri bercerita tentang bagaimana Deloris mengajari Michael bagaimana melakukan tembakan bahkan dunk. Tentu nyaris semua hal itu dilakukan oleh pemeran pengganti ataupun trik kamera. Selain itu ada pula sebuah foto memorabilia di kala Michael berhasil mendapatkan cincin juara keenamnya. Kala itu ia berdiri bersama sang ibu dengan raut muka yang sangat bangga sekaligus senang.

Lalu ada Allen “The Answer” Iverson, pemain yang bisa dibilang sebagai salah satu point guard terbaik yang pernah ada. Terlihat bengal, Iverson ternyata sangat dekat dengan sang ibu, Ann Iverson. Bahkan saking dekatnya mereka, Ann pernah tertangkap kamera sedang mengepang rambut Allen di tengah pertandingan. Yap, Ann duduk tepat di belakang sang anak dan membetulkan rambut sang anak.

Terakhir dan yang masih sangat membekas adalah Kevin Durant dan sang ibu, Wanda Durant. Kevin mendapatkan gelar MVP pada musim 2013-2014 setelah bermain sangat cemerlang bersama Oklahoma City Thunder. Dalam sambutannya ketika menerima gelar MVP, Kevin mengakhiri pidatonya dengan memberikan sanjungan tertinggi kepada Wanda.

“Kau menjauhkan kami dari jalanan, kau memastikan kami memiliki pakaian yang layak dipakai. Saat kau tidak makan, kau pastikan kami dapat makan, kau bahkan tidur dengan kelaparan. Kau berkorban demi kami.”

Kevin menutup pidatonya dengan kalimat, ”You the real MVP” sembari memberikan tepuk tangan dan meneteskan air mata harunya untuk Wanda. Wanda pun tampak sangat terharu dan tidak kuasa menahan tangis bangganya kala itu.

Basket bukan hanya tentang menang-kalah. Bukan siapa terbaik ataupun terburuk. Ini semua tentang bagaimana kita menemukan jati diri kita dan menghargai orang lain. Basket, lebih daripada sekadar olahraga.

Video: NBA

Komentar