Persiapan tim nasional putra menuju SEA Games tahun ini lebih singkat daripada ketika meraih perak di tahun 2015 lalu. Latihan bersama sudah dilakukan dua kali. Pertama di Batam pada tanggal 21 November - 4 Desember 2016, latihan kedua di Surabaya. Pada latihan kedua, empat nama yang muncul di latihan pertama tidak dipanggil kembali. Alasan Coach Wahyu Widayat Jati adalah mereka ada yang tidak (belum) bermain di IBL, jadi tidak terpantau.

Sebagian lagi mengalami penurunan performa. Meskipun tidak memanggil empat pemain yang ikut di Batam, tidak ada jaminan mereka yang ikut di Surabaya akan terpilih. Bahkan para pemain di Batam sangat mungkin dipanggil kembali. Kata Coach Wahyu, semua bergantung kepada performa mereka di IBL. Semakin bagus di IBL, semakin besar kesempatan mengenakan seragam Merah-Putih di SEA Games 2017 Malaysia.

“Pada dasarnya saya mengacu ke data yang ada. Hardianus dan Biboy (Ebrahim Enguio Lopez) memang tidak ada namanya di liga. Lalu Oki penampilannya menurun, bisa dilihat di statistik. Lalu Febri baru sembuh dari operasi usus buntu,” kata Coach Cacing.

“Tapi mereka masih punya kesempatan tampil di timnas. Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, kalau ingin namanya tetap ada di timnas, maka harus menunjukkan penampilan yang bagus di liga.”

Kriteria “penampilan yang bagus di liga” tampaknya menjadi alasan dipanggilnya beberapa nama baru yang muncul di Surabaya. Mereka adalah Diftha Pratama, Katon Adjie Baskoro, Abraham Damar Grahita dan Wendha Wijaya.

Empat nama tersebut memang selalu tampil agresif di liga. Bahkan hingga akhir Seri 2, keempatnya masih sangat menonjol bagi tim masing-masing.

Proses seleksi timnas terus berjalan. Manajer Timnas Suhadi, seperti halnya Coach Cacing, mengatakan bahwa yang terpenting baginya adalah rasa bangga dan kemauan untuk berkorban demi bangsa. Pemain-pemain yang terlalu banyak menuntut tak akan segan ia coret.

“Saya katakan kepada para pemain, ‘Kalau mau mundur, saya tidak keberatan. Tapi saya pastikan kalian tidak akan pernah lagi tampil sebagai pemain timnas selamanya.’” Ujar Suhadi.

Nama-nama calon pemain di Seleksi Batam

21 November - 4 Desember 2016

Mario Wuysang

Hardianus

Andakara Prastawa Dhyaksa

Sandy Febiansyakh

Oki Wira Sanjaya

Ebrahim Enguio Lopez

Mei Joni.

Jamarr Andre Johnson

Rachmad Febri Utomo

Arki Dikania Wisnu

Ponsianus Nyoman Indrawan

Adhi Pratama Prasetyo Putra

Christian Ronaldo Sitepu

Firman Dwi Nugroho

 

Nama-nama calon pemain di Seleksi Surabaya

25-26 Januari 2017

Mario Wuysang

Diftha Pratama*

Wendha Wijaya*

Andakara Prastawa Dhyaksa

Sandy Febiansyakh

Abraham Damar Grahita*

Katon Adjie Baskoro*

Mei Joni.

Jamarr Andre Johnson

Arki Dikania Wisnu

Ponsianus Nyoman Indrawan

Adhi Pratama Prasetyo Putra

Christian Ronaldo Sitepu

Firman Dwi Nugroho

Anthony Hargrove Jr.*

Komentar