ROSYIDAN
BIODATA, PROFIL PENULIS
Rosyidan adalah pencetus Mainbasket. Ia memulai semuanya di tahun 2008 dengan blog mainbasket.blogspot.com, terus berkembang hingga kini menjadi majalah Mainbasket, mainbasket.com dan akun @mainbasket di twitter dan instagram.
NBA Top Shot, "Cara Baru" Menikmati NBA, 1/... (Basket dan NFT)
Sejak tahun 2019, NBA mulai menjual momen-momen yang terjadi di dalam pertandingan-pertandingan. Praktik ini membuat para fan atau bahkan yang bukan fan sekalipun "memiliki" atau berhak "memunyai" momen-momen tertentu di NBA. Format atau bentuknya adalah NFT. Nama produknya NBA Top Shot.
Bolaharam: Ide Alternatif Mencari Peringkat (Nilai) Pemain di Bursa Transfer IBL
Beberapa pemain IBL sedang berada di dalam limbo. Bila tak ada yang membantu, mereka bisa terjebak di sana hingga dua tahun lamanya.
Bolaharam: Marvin Gaye, Ketika Lagu Kebangsaan Lebih Keren daripada NBA All Star
Baru-baru ini telinga saya menangkap kembali lagu lama Natasha Bedingfield yang berjudul "Unwritten". Lagu ini populer tahun 2004 karena jadi bagian dari iklan sampo Pantene. Unwritten kemudian populer lagi tahun 2021 di TikTok karena dipakai untuk goyangan (dance) unik yang viral.
Bolaharam: Harga Resmi Transfer Pemain IBL Kemurahan dan Pemain Gak Dapat Banyak
Harga pemain di bursa transfer sebenarnya cukup liar. Beberapa bulan yang yang cukup lalu, lewat siniar Podcast Pemain Cadangan kita mendengar seorang pemilik klub menawarkan jika ada klub lawan yang ingin memiliki salah satu pemain bintangnya, maka ia harus menyiapkan dana sebanyak satu miliar. Sebuah label harga yang cukup tinggi di liga IBL.
Bolaharam: Waktunya Naikkan Harga Pemain IBL (Tapi..)
Pemain-pemain yang sudah pernah main di IBL atau yang layak main di IBL tak banyak. Bagi saya, beberapa pemain yang namanya sudah ada di roster pun rasanya ada yang belum layak main di IBL. Bulan September ini, IBL rencananya akan mengumumkan nama-nama tim baru yang akan berlaga di musim 2022. Mungkin akan ada empat tim baru. Mungkin lima. Mungkin juga kurang dari empat.
Bolaharam: Membangun Keresahan Bersama yang Menyeluruh
Bahkan hingga saya mengunggah tulisan ini, dua akun media sosial yang juga fokus di basket mengulas unggahan itu (Rocky Padilla dan Podcast Pemain Cadangan Augie dan Udjo). Pada dasarnya, walau sedikit banyak saya bisa memprediksi reaksi mereka yang lihat unggahan tersebut, sepertinya lebih besar lagi yang di luar kendali saya.
Bolaharam: Langkah Awal Termudah agar Para Pemain Pebasket Indonesia Bersatu
Katakanlah, gaji terendah pemain adalah lima juta rupiah. Belum termasuk fasilitas-fasilitas seperti makan dan nutrisi di mes, sepatu-sepatu basket dan olahraga, biaya kuliah, transportasi, bonus, dan lain-lain. Lalu, urutan gaji kemudian meningkat. Setelah lima juta yang paling rendah, ada gaji pemain tahun kedua, ketiga, veteran, dan seterusnya. Lalu tentunya ada besaran gaji untuk pemain-pemain istimewa yang catatan statistiknya signifikan dalam memberi kontribusi ke tim, dan pastinya dipereb
Bolaharam: Alasan Mengapa Para Pemain Basket Indonesia Mesti Bersatu
Tulisan berikut adalah sambungan dari tulisan sebelumnya: "Operator dan Klub-Klub Harus Berkorban, Para Pemain Harus Bersatu". --- Tujuannya adalah demi kesej...