IBL

Golden State Warriors memegang tiket Draft Pick. No2 pada NBA Draft 2020. Tiket tersebut bisa sangat menguntungkan, atau bahkan merugikan bila Warriors tidak memilih pemain yang tepat. Namun, Warriors bisa memanfaatkan tiket tersebut untuk pertukaran pemain (trade). Ada lima kemungkinan yang melibatkan lima bintang besar bila Warriors mau menukar tiket tersebut.

Pertukaran pemain (trade) itu jadi hal biasa. Tetapi akan menjadi luar biasa, ketika yang ditukar adalah tiket memilih pemain teratas dalam NBA Draft. Selain itu, Warriors yang sudah punya 13 roster tetap, mungkin tidak akan tertarik dengan pemain Draft NBA. Bila tidak sesuai dengan kriteria mereka.

Baca Juga: Golden State Warriors Sudah Punya 13 Pemain untuk Roster Musim Depan

Berita sebelumnya di mainbasket.com, menyebut bahwa Warriors tertarik pada Deni Avdija, dan bukan Anthony Edwards yang seharusnya ada di tempat kedua, bila LaMelo Ball di urutan pertama. Tapi belakangan, berkembang bahwa Ball tidak cukup kuat di tangga teratas. Edwards yang kini berpeluang di urutan pertama. Sehingga Warriors tidak punya pilihan lain. Lagipula NBA Draft 2020 tidak menyediakan bakat bagus seperti dua musim sebelumnya.

Baca Juga: Warriors Berharap Deni Avdija di Urutan Kedua Draft NBA 2020

Jadi, skenario trade bisa dipilih Warriors untuk mendapat pemain sesuai keinginan mereka. Lalu menurut chatsport.com, ada lima kemungkinan trade yang fantastis bisa dilakukan Warriors musim ini.

1. Giannis Antetokounmpo dari Milwaukee Bucks

Rumor ini sudah lama berhembus. Terutama ketika Antetokounmpo akan menjadi pemain bebas agen tahun 2021 nanti. Bucks jadi kunci dalam kasus ini. Bila Bucks tidak memberikan pemain yang bisa membantu Antetokounmpo bersaing mendapatkan gelar juara, maka pemain asal Yunani tersebut bisa memaksa Bucks menukarnya ke Warriors.

Bayangkan betapa kuatnya Warriors jika ada Antetokounmpo yang juga MVP NBA 2019 dan Defensive Player of the Year 2020. Sebab, dalam roster Warriors sudah ada Steph Curry, Klay Thompson, dan Draymond Green.

Tetapi pertukaran tersebut ditentang oleh beberapa orang, termasuk mantan manajer Warriors, Chris Mullin. Menukar Antetokunmpo bukan perkara mudah, karena Bucks bisa saja meminta Klay Thompson sebagai gantinya.

Baca Juga: Chris Mullin Sarankan Warriors Tak Libatkan Klay Thompson di Pertukaran Pemain

2. Ben Simmons dari Philadelphia 76ers

Kalau untuk kemungkinan ini, Warriors yang membutuhkannya. Warriors memang ingin menambah pemain yang bisa menjadi pengatur serangan. Syarat utamanya, pemain tersebut harus handal dalam penguasaan bola. Sementara, dari sisi tersebut, Ben Simmons sudah memenuhi syarat.

Sebaliknya, Simmons juga punya tinggi badan yang bagus untuk seorang garda utama. Itu yang bisa memantu Warriors tampil lebih baik. Simmons yang kurang dalam akurasi tembakan jarak jauh akan mendapatkan keuntungan bila dirinya bermain dengan Steph Curry dan Klay Thompson. Sayangnya, kondisi Ben Simmons saat ini masih dipertanyakan.

Baca Juga: Ben Simmons Absen Hingga Akhir Musim

3. Joel Embiid dari Philadelphia 76ers

Tentu saja bagian ini tidak bisa dilupakan. Sudah lama, Warriors tidak memiliki big man bagus, sejak JaValee McGee pergi, Andrew Bogut pergi, hingga Anderson Varejao. Wajah-wajah yang sempat mengisi posisi lima di tim Warriors.

Misalkan Warriors berpikir untuk menambahkan big man. Maka Joel Embiid bisa jadi pilihan tepat. Tentu saja, Warriors harus merelakan tiket Draft Pick No.2, dan disertai beberapa pemain lain sebagai tambahan. Sebab, Sixers jelas berat melepaskan Joel Embiid. Berbeda dengan Ben Simmons. Embiid pemain yang kondisinya sehat, sementara Simmons musim ini dibekap cedera yang belum tahu kapan akan kembali ke lapangan.

4. Kevin Love dari Cleveland Cavaliers

Pasca hengkangnya LeBron James ke Los Angeles Lakers, Cavaliers secara agresif mengamankan Love untuk jangka panjang. Pada 24 Juli 2018, Love menandatangani perpanjangan empat tahun, dengan nilai AS$120 juta. Sayangnya, di tahun pertama tidak berjalan baik. Love bermain empat gim lalu absen karena cedera kaki kiri. Pada tanggal 2 November, Love menjalani operasi untuk memperbaiki cedera jempol kaki. Setidaknya musim ini Love melewatkan 50 pertandingan.

Bila sudah sembuh, maka Love layak untuk dipertimbangkan Warriors. Karena Love adalah bigman berpengalaman, yang notabene butuh suasana baru. Love menjadi pemain Cavaliers sejak 2014 silam. Apalagi Love sempat mengatakan bahwa Cavaliers yang sekarang tidak mampu bersaing di NBA, seperti era LeBron James dan Kyrie Irving.

5. LaMarcus Aldridge dari San Antonio Spurs

Menukar tiket Draft Pick No.2 dengan LaMarcus Aldridge bisa jadi sangat menguntungkan bagi Warriors. Bagi Warriors, mereka tidak harus memaksakan diri memilih pemain yang tidak sesuai dengan kriterianya, lalu sebaliknya, Warriors mendapatkan big man berpengalaman seperti Aldridge.

Sayangnya, Aldridge musim ini hanya bermain 53 pertandingan. Pada 8 Juni 2020 lalu, Spurs mengumumkan bahwa Aldridge cedera bahu kanan dan mengakhiri musim lebih cepat. Warriors bisa mendapatkan big man yang tepat, tapi harus mengeluarkan biaya perawatannya. Tapi setidaknya, mereka tidak akan kehilangan pemain inti, karena pertukaran ini kemungkinan tidak sampai mengorbankan pemain Warriors lainnya. (tor)

Foto: NBA

Komentar