IBL

Rekor buruk musim ini membuat Golden State Warriors absen dari persaingan liga lanjutan di Orlando tahun ini. Tapi justru istirahat panjang membuat mereka bisa lebih leluasa berpikir masa depan. Kenyataannya, kini Warriors bisa lebih tenang, karena menjadi satu-satunya tim yang sudah punya 13 pemain untuk roster musim depan.

NBA 2019-2020 jadi musim yang suram bagi Warriors. Mereka mencetak rekor pertandingan 15-50. Semua berawal ketika mereka kalah atas Toronto Raptors di Final NBA 2018-2019. Setelah itu, Kevin Durant memilih pergi ke Brooklyn Nets, lalu disusul Klay Thompson mengalami cedera parah yang membuatnya absen semalam satu musim.

Kemalangan Warriors berlanjut. Setelah memainkan lima pertandingan, Stephen Curry masuk daftar pemain yang istirahat sampai akhir musim. Curry cedera patah tangan. Warriors tanpa "Splash Brothers" menjadi sulit untuk menemukan kemenangan. Tim ini mencetak rekor terburuk untuk msim reguler mereka. Saat 22 tim melanjutkan musim setelah pandemi virus korona, Warriors tidaka ikut.

Namun, ada yang mengejutkan dari istirahat panjang pasukan Steve Kerr tersebut. Pengamat NBA Keith Smith mengunggah sebuah pernyataan menarik di twitter, yaitu "Golden State Warriors adalah satu-satunya tim NBA yang tidak punya pemain bebas agen di tahun 2020. Mereka punya 13 pemain yang masih memiliki masa kontrak dan bersedia bermain untuk musim 2020-2021."

13 pemain tersebut, sudah termasuk tiga nama besar di tim ini, yaitu Steph Curry, Klay Thompson, dan Draymond Green. Semua masih punya kontrak hingga lebih dari tahun 2021. Klay dan Green punya kontrak hingga musim 2023-2024. Meski tahun ini jadi tahun terakhir bagi Green untuk menentukan kariernya. Tetap berada di Warriors, atau pindah ke tim lain. Namun setidaknya, Warriors punya 13 pemain untuk musim depan.

Pertanyaannya sekarang yaitu mampukah mereka memanfaatkan keuntungan tersebut?

Menuju musim depan, Warriors punya anggaran belanja yang besar. Jumlahnya mencapai AS$17,2 juta. Sangat besar, bahkan bisa membeli pemain bebas agen pada bulan Oktober mendatang. Tapi seperti yang diungkapkan Keith Smith, bahwa Warriors sudah punya pemain yang bisa diandalkan. Dalam daftar 13 pemain tersebut, sudah masuk pemin inti.

Banyak pengamat yang bilang bahwa Warriors akan kembali lebih kuat (comeback stronger) musim depan. Kemungkinan tersebut bisa saja terjadi. Tetapi tim-tim Wilayah Barat sekarang juga semakin kuat. Berat bagi Warriors untuk bisa mendominasi liga seperti di beberapa musim lalu. (tor)

Foto: tsunamiisports

Komentar