IBL

James Harden melanjutkan catatan supernya di laga melawan Golden State Warriors, Kamis malam, 3 Januari 2019, waktu setempat. Setelah memaksa laga berlangsung hingga tambahan waktu (overtime), Harden juga membuat pendukung Warriors yang memadati Oracle Arena, Oakland terdiam. Tembakan tripoinnya di sisa satu detik terakhir overtime membawa Rockets keluar sebagai pemenang di laga ini dengan skor 135-134.

Selain dua tembakan tersebut, Harden total mengemas tripel-dobel, 44 poin, 10 rebound, dan 15 asis dengan akurasi keseluruhan 40 persen termasuk 10/23 tripoin. Ini menjadi tripel-dobel kelimanya musim ini. Tiga di antaranya dengan memasukkan setidaknya 40 poin. Sepanjang karirnya, MVP NBA musim lalu ini sudah mencatatkan 11 kali tripel-dobel dengan catatan poin 40 lebih.

Selain itu, catatan 44 poin ini juga membuat Harden membukukan rataan 42,8 poin dalam lima laga terakhirnya. Jumlah poin terkecilnya di lima laga terakhir adalah 41 poin. Hanya ada nama Michael Jordan dan Kobe Bryant yang memiliki catatan lebih baik daripada Harden untuk mencetak 40 poin beruntun. Kedua pemain tersebut pernah mencatatkan 40 poin dalam sembilan laga beruntun. Di sisi lain, Harden tak pernah mencetak angka di bawah 35 poin dalam 10 laga terakhirnya.

Kemenangan ini menjadi kemenangan ke-11 dalam 12 laga terakhir Rockets. Mereka juga berhasil mengalahkan Warriors di dua pertemuan yang sudah terjadi musim ini. Rockets kini tercatat sebagai tim paling “panas” di liga dengan enam kemenangan beruntun.

Tim asuhan Mike D’Antoni ini kini menepati peringkat empat dan semakin menempel ketat tiga besar klasemen sementara Wilayah Barat. Rockets memiliki rekor menang-kalah (22-15), berselisih tiga kemenangan dengan Warriors yang ada di peringkat tiga. Sebaliknya untuk Warriors, kekalahan ini membuat Oracle Arena terus “ternoda” dalam tiga laga terakhir. Warriors sudah menderita 14 kekalahan dari 39 laga yang dimainkan.

Clint Capela juga layak mendapat sanjungan di laga ini. Bermain selama 46 menit, ia mengemas dobel-dobel, 29 poin dan 21 rebound. Ia menjadi pemain Rockets pertama yang mampu membukukan tiga kali 20+ poin dan 20+ rebound dalam semusim sejak Hakeem Olajuwon di musim 1991-1992.

Austin Rivers mencetak 18 poin dan 4 rebound. Danuel House Jr. menambahkan 17 poin plus 4 rebound. Gerald Green melengkapi daftar pencetak angka dengan digit ganda untuk Rockets dengan 16 poin.

Dari kubu Warriors, Stephen Curry menjadi yang terdepan usai mencatatkan 35 poin dan 6 rebound dengan 5/15 tripoin. Klay Thompson dan Kevin Durant sama-sama mengemas 26 poin di laga ini. Bedanya, Durant menambahkan 7 rebound sementara Thompson 5 rebound. Kevon Looney yang bermain selama 22 menit mengemas 12 poin dan 7 rebound. Draymond Green nyaris mencatatkan tripel-dobel dengan 9 poin, 11 rebound, dan 8 asis.

Rockets masih akan melakoni laga selanjutnya dengan status tamu. Mereka akan berkunjung ke markas Portland Trail Blazers, lusa, waktu setempat. Setali tiga uang, Warriors akan bertandang di laga selanjutnya. Tim yang akan mereka sambangi adalah Sacramento Kings, di hari yang sama. (DRMK)

Foto: Twitter, @HoustonRockets

 

Komentar