IBL

Di tengah tak kunjung membaiknya prestasi, Phoenix Suns mendapatkan angin segar. Berdasarkan berita yang dimuat oleh Arizona Republic, dewan kota Phoenix dikabarkan setuju mengeluarkan dana untuk tim. Bukan secara langsung operasional, dana yang dimaksud ditujukan untuk pemugaran kandang Suns, Talking Stick Resort Arena, yang terletak di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat.

Biaya yang disepakati untuk pemugaran tersebut adalah AS$230 juta. Namun, tak semuanya akan dibebankan kepada dewan kota. Nantinya, biaya tersebut akan dibagi dengan rincian dewan kota membayar AS$150 juta. Sementara dari pihak Suns akan membayar AS$80 juta dan bila ada biaya-biaya tambahan lainnya.

Sebelum disetujui, proses pengajuan dana pemugaran ini sudah berlangsung sejak tahun lalu. Ujungnya, dilakukan pemungutan suara oleh para wakil dewan kota. Dari delapan suara maksimal, enam di antaranya memilih untuk menyetujui pemugaran ini.

Beberapa kesepakatan lantas muncul setelah biaya ini disetujui. Pertama, Suns setidaknya harus mengeluarkan AS$10 juta untuk kebutuhan masyarakat Phoenix. Uang tersebut bisa digunakan berupa kegiatan nirlaba dan kebutuhan kota. Nantinya, AS$2,6 juta dari total keseluruhan tersebut akan digunakan untuk membiayai program prasekolah.

Dalam prosesnya, dewan kota juga akan memilih seseorang atau bahkan satu lembaga untuk mengawasi semua pengeluaran yang dilakukan dalam proses pemugaran. Nantinya, semua kegiatan operasional yang dilakukan di stadion akan diserahkan seluruhnya oleh Suns. Mulai dari kegiatan sewa untuk hal-hal selain basket dan olahraga hingga kegiatan  perawatan gedeung (maintenance).

Di sisi lain, Suns juga diwajibkan untuk membangun fasilitas latihan baru di kota Phoenix. Secara organisasi, Suns juga akan diwajibkan untuk bertahan di Phoenix hingga 2037. Akan ada opsi perpanjangan hingga 2042. Namun, bila Suns memutuskan untuk pergi dai Phoenix sebelum 2037, pihak Suns akan dikenai denda hingga AS$200 juta.

Sejak pertama kali berdiri pada 1992, ini akan menjadi kali kedua Talking Stick Resort Arena mengalami pemugaran. Sebelumnya, pemugaran pertama terjadi kala tim masih dimiliki oleh Jerry Colangelo pada 2003. Sebelum bernama Talking Stick Resort Arena, tim yang kini dimiliki oleh Robert Saver ini sudah mengalami dua kali pergantian nama. Nama pertama untuk tempat ini adalah America West Arena lalu berubah menjadi US Airways Center.

Masih dari sumber yang sama, kandang Suns saat ini bisa dibilang menjadi salah satu stadion terburuk dan paling kuno di NBA. Suns akan bergabung dengan Milwaukee Bucks dan Atlanta Hawks sebagai tiga tim terbaru yang sudah, sedang, serta akan melakukan pemugaran. Sebaliknya, tim seperti Golden State Warriors dipastikan akan berpindah kandang musim depan. Warriors akan meninggalkan Oracle Arena yang terletak di Oakland dan berpindah ke Chase Center yang ada di San Fransisco. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar