IBL

Dua tim bak bumi dan langit bertemu di Talking Stick Resort Arena, Phoenix, Arizona, Amerika Serikat, Jumat malam, 2 Novembr 2018, waktu setempat. Tuan rumah, Phoenix Suns adalah tim yang berada di “dasar bumi” dengan hanya meraih satu kemenangan dari tujuh laga mereka. Sebaliknya, Toronto Raptors sedang jemawa usai hanya sekali kalah dari delapan laga.

Pun begitu, awal laga tak berjalan sesuai dengan keadaan di atas. Suns justru tampil lebih dominan di awal laga dan berhasil menutup paruh pertama dengan keunggulan 52-48. Usai jeda, Raptors baru menunjukkan taring sesungguhnya di paruh kedua dengan mencetak 59 poin berbanding hanya 46 poin yang dibuat Suns. Raptors menang, 107-98.

Transisi bertahan yang buruk bisa dibilang membuat Suns terbunuh di laga ini. Dari 107 poin yang diciptakan oleah Raptors, 31 di antaranya datang melalui serangan cepat (fast break). Belum lagi keunggulan Raptors secara akurasi keseluruhan membuat tim ini memang cukup layak memenangi laga.

Kemenangan ini semakin memperkokoh Raptors di jajaran elit Wilayah Timur. Mereka sejajar dengan Golden State Warriors sebagai tim yang meraih delapan kemenangan di sembilan laga awal mereka. Raptors kini juga menjadi pemuncak klasemen sementara Wilayah Timur di atas Milawukee Bucks yang baru memainkan delapan laga.

Sebaliknya, kekalahan ketujuh secara beruntun ini semakin membenamkan Suns di dasar klasemen sementara Wilayah Barat. Usaha perombakan besar-besaran yang dilakukan manajemen Suns di jeda musim hingga kini belum terlihat hasilnya. Musim lalu, di delapan laga awal mereka, Suns berhasil merebut empat kemenangan.

Kawhi Leonard keluar sebagai top skor tim dengan mencetak 19 poin, 6 rebound, dan 5 asis. Jonas Valanciunas yang kembali masuk ke barisan pemain utama (starter) menggantikan Serge Ibaka menyusul dengan 16 poin, 7 rebound, plus 4 blok. Ibaka sendiri masih tetap menyumbang dua digit angka dengan 14 poin, 4 rebound, 2 steal dan 2 blok.

Kyle Lowry terus menunjukkan konsistensinya sebagai fasilitator utama tim dengan dobel-dobel 11 poin, 6 rebound, dan 12 asis. Sepanjang sembilan laga yang sudah dilalui, hanya di dua laga pertama Lowry gagal menyentuh 10 asis. Ia kini memimpin daftar rataan asis tebesar dengan 11,1 asis per gim. Pascal Siakam melengkapi daftar  dengan 10 poin dan 5 rebound.

Di kubu Suns, seluruh starter mereka berhasil mencetak dua digit poin. Isaiah Canaan keluar sebagai top skor tim degan 19 poin. Devin Booker menyusul dengan 18 poin, 4 rebound, dan 6 asis. Ruki, Deandre Ayton kembali mencetak dobel-dobel dnegan 17 poin dan 18 rebound. Ia kini tercatat sebagai pengumpul rebound terbanyak di antara para ruki angkatan 2018. Trevor Ariza dan T.J. Warren melengkapi daftar dengan sama-sama mengemas 10 poin sementara Josh Jackson membantu dari bangku cadangan dengan 11 poin plus 3 rebound.

Raptors masih dalam rangkaian laga tandang ke pesisir pantai barat Amerika Serikat. Selanjutnya, mereka akan bertamu ke markas Los Angeles Lakers, lusa waktu setempat. Sementara Suns masih bertahan di kandang mereka hingga tiga laga ke depan. Tamu terdekat mereka adalah Memphis Grizzlies di hari yang sama.

Foto: Twitter, @Raptors

 

Komentar