IBL

PP Perbasi resmi mengumumkan skuad tim nasional Indonesia untuk SEA Games 2023. Hingga Selasa (2/5) ini hanya roster timnas putri yang belum dirilis. Nama-nama yang masuk skuad Merah Putih tidak asing. Bahkan sebagian besar merupakan alumni SEA Games 2022 Vietnam.

Timnas Putra terdiri dari 12 pemain. Ada enam pemain peraih emas SEA Games 2022 yang ikut serta. Mereka adalah Yudha Saputera, Andakara Prastawa, Brandon Jawato, Dame Diagne, Juan Laurent Kokodiputra, dan Vincent Rivaldi Kosasih.

Sedangkan beberapa alumni SEA Games 2022 yang absen adalah Abraham Damar Grahita, Derrick Michael Xzavierro, Marques Bolden, Arki Dikania Wisnu, Agassi Goantara, dan Hardianus Lakudu.

Adapun nama-nama debutan dalam SEA Games ini adalah Widyanta Putra Teja, Muhamad Arighi, Julian Chalias, Lester Prosper, dan Anthony Beane Jr. Dua nama terakhir merupakan pemain naturalisasi.

Lester memang beberapa kali membela Indonesia event FIBA. Namun, ia belum pernah tampil di SEA Games. Sedangkan Kaleb Ramot Gemilang akan menjalani SEA Games ketiganya. Pemain Dewa United Banten itu terakhir tampil pada SEA Games 2019 Filipina.

“Kalau target di SEA Games ini bagaimana caranya mempertahankan emas.Tapi untuk target pribadi sih saya nggak muluk-muluk. Semoga bisa menyesuaikan diri dengan peran yang diberi oleh pelatih,” ujar Kaleb dalam rilis resmi klub.

Untuk Timnas 3x3 Putra mengalami perombakan total. Posisi ditempati oleh Fandi Andika Ramadhani. Ia menggantikan Ali Budimansyah yang menangani timnas 3x3 dalam dua edisi SEA Games sebelumnya. Avan Seputra, Laurentius Oei, Nickson Gosal, dan M. Reza Guntara akan menjalani debutnya di nomor 3x3 multi event dua tahunan itu. (rag)

 

Timnas Putra:

Yudha Saputera

Widyanta Putra Teja

Andakara Prastawa

Anthony Beane Jr.

Muhamad Arighi

Kaleb Ramot Gemilang

Brandon Jawato

Dame Diagne

Juan Laurent Kokodiputra

Julian Chalias

Vincent Rivaldi Kosasih

Lester Prosper

 

Timnas 3x3 Putra:

Avan Seputra

Laurentius Oei

Nickson Damara Gosal

M. Reza Guntara

 

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar