IBL

Timnas putra Indonesia membuka gim pertama di SEA Games 2023 dengan mulus. Juara bertahan tersebut tidak mendapat perlawanan berarti dari Laos pada Rabu (10/5). Perbedaan level permainan membuat Indonesia menang telak 141-37 di Morodok Techo National Stadium Elephant Hall 2, Phnom Penh.

Indonesia melenggang mulus. Sebanyak sembilan pemain Indonesia mencetak dua digit poin. Ini juga menjadi debut di SEA Games bagi Lester Prosper dan Anthony Beane Jr. Dari 12 roster Indonesia, hanya Brandon Jawato yang tidak tampil dalam gim tersebut.

Secara keseluruhan Indonesia membuat 40 asis dan 55 tembakan tepat sasaran dengan akurasi 63 persen. Tim Merah Putih juga menggempur Laos dengan 25 tripoin dari 45 percobaan.

Andakara Prastawa menjadi top skor dengan 21 poin dalam 20 menit. Pemain Pelita Jaya Bakrie Jakarta itu efisien dengan hanya meleset dua dari delapan tembakan. Prastawa memasukkan 6/7 tripoin dan 3 tembakan gratis.

Lester Prosper memberikan 18 poin, 7 rebound, 2 steal, dan 2 blok. Yudha Saputera dan Kaleb Ramot Gemilang sama-sama mencetak 16 poin. Begitu juga dengan Dame Diagne dan Widyanta Putra Teja dengan skor identik 13 poin. Widy mencetak dobel-dobel dengan tambahan 10 asis dan 3 steal.

“Laos memang bukan berada di level kami bermain. Cuma gim ini kami pacu game touch menyesuaikan dengan situasi, cuaca, lapangan, ring, makanya semua pemain kami putar supaya punya feel terhadap game. Karena dua gim berikutnya yang harus kami persiapkan dengan baik,” kata asisten pelatih Yohanis Winar.

Di sisi lain Laos kembali berpartisipasi di SEA Games setelah edisi 2022 lalu absen. Tercatat sejak SEA Games 1997 hingga 2022, Laos hanya ikut pada edisi 2017. Kala itu mereka berada di posisi buncit dari delapan peserta.

Pada SEA Games 2023 ini Indonesia berada di grup B. Selain Laos, Indonesia juga bersaing dengan Thailand dan Vietnam. Gim kedua pada lusa pukul 17.00 WIB akan mempertemukan Indonesia vs Vietnam. (rag)

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar