IBL

Timnas putra Indonesia memetik kemenangan kedua pada fase grup SEA Games 2023. Dua kemenangan itu memastikan Indonesia lanjut ke semifinal. Tim Merah Putih merebut kemenangan kedua dari Vietnam 88-82 pada Jumat (12/5) di Elephant Hall 2, Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh.

Pertandingan yang tidak mudah untuk Indonesia. Pada paruh pertama Vietnam sempat memimpin 10 poin. Buzzer Beater Anthony Beane Jr. di akhir kuarter kedua membawa Indonesia unggul 44-41.

Kuarter ketiga tidak kalah sengit. Vietnam menahan laju Indonesia dengan hanya mencetak 15 poin. Kedua tim bermain imbang 59-59. Andakara Prastawa dkk juga harus bekerja keras di kuarter keempat hingga bisa memimpin 13 poin (81-69). Lima tembakan bebas Prastawa dan aksi Minh Ton Nguyen mengakhiri perlawanan Vietnam.

Prastawa dan Beane membukukan +20 poin dalam gim ini. Prastawa menjadi top skor dengan 27 poin, 6 rebound, dan 3 steal. Pemain Pelita Jaya Bakrie Jakarta itu melepas 8 tembakan dengan 5 tripoin tepat sasaran. Kemudian dari 8 tembakan gratis, Prastawa hanya meleset dua kali.

Beane menyumbang 23 poin dalam 33 menit bermain. Ia membuat 9/21 tembakan dengan akurasi 42 persen. Selain itu Beane juga mencetak 6 rebound dan 4 asis. Lester Prosper menambah 13 poin dan 7 rebound.

Dari kubu Vietnam ada empat pemain mencetak dua digit angka. Thanh Tam Dinh menjadi yang tertinggi dengan 18 poin, 5 rebound, dan 4 asis. Cory Cilia 14 poin dan Nuynh Phu Vinh Nguyen 13 poin. Dari bangku cadangan Kim Ban Vo 15 poin.

Indonesia menyisakan satu laga terakhir fase grup. Pada lusa pukul 17.00 WIB mereka akan melawan Thailand. Pertandingan ini akan menentukan juara grup B. Gim melawan Thailand tidak akan mudah. Dari pertandingan sebelumnya Thailand bahkan bisa telak 104-62 atas Vietnam. (rag)

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar