IBL

Timnas Indonesia akhirnya menyelesaikan seluruh rangkian babak Kualifikasi Piala Asia FIBA 2021 (FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers). Pada pertandingan terakhirnya, Timnas Indonesia menang atas Thailand dengan skor 86-69, di Filipina, Minggu siang. Dengan hasil tersebut, maka Indonesia berada di peringkat ketiga Grup A dengan rekor 2-4.

Kemenangan dari Thailand memang sudah menjadi target dari Indonesia di Window 3 ini. Karena sebelumnya, Indonesia berhasil menaklukkan Thailand dengan keunggulan 90-76, di bulan November 2020 lalu. Jadi tidak heran kalau Indonesia berhasil mengamankan kemenangan hari ini.

Lester Prosper menjadi top skor Indonesia dengan torehan 22 poin dan 11 rebound. Andakara Prastawa Dhyaksa mencetak 19 poin. Disusul Abraham Damar Grahita (15 poin), serta Hardianus Lakudu dan Agassi Yeshe Goantara yang sama-sama mencetak 10 poin. Di tim Thailand, Nattakarn Muangboon mencetak 14 poin, diikuti Chanatip Jakrawan (13 poin), dan Chitchai Ananti (11 poin).

Indonesia memimpin 49-32 di babak pertama. Namun mereka lemah di kuarter ketiga, sehingga Thailand bisa lebih banyak poin daripada Indonesia (22-18). Lalu di kuarter keempat, Indonesia kembali bangkit dan mengunci kemenangan setelah unggul 19-15.

Bila mengacu pada sistem kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Indonesia akan kembali bertanding di kualifikasi terakhir, melawan lima negara lain yang juga menduduki peringkat ketiga di grup masing-masing. Tujuannya untuk memperebutkan empat tiket ke babak 16 besar.

Namun sampai sekarang belum ada informasi. Apakah Indonesia tetap mengikuti mekanisme tersebut atau tidak. Karena, Indonesia sudah lolos ke babak 16 besar FIBA Asia Cup 2021 sebagai tuan rumah. Kalau Indonesia tetap menggunakan mekanisme itu, maka Indonesia akan kembali bertanding di babak kualifikasi terakhir. Kemungkinan lawan yang dihadapi adalah Taiwan, Guam, India, Arab Saudi, dan Palestina. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar