IBL

FIBA akhirnya merilis jadwal Kualifikasi Piala Asia 2021 (Asia Cup Qualifiers). Ini merupakan turnamen kualifikasi Piala Asia pertama dengan model baru milik FIBA, yaitu dengan sistem jendela. Indonesia berada di Grup A bersama Filipina, Thailand, dan Korea Selatan. Dari tiga jendela tersebut, Indonesia akan menjadi tuan rumah tiga pertandingan.

Model kualifikasi dengan sistem jendela, pertama kali dilakukan FIBA untuk Kualifikasi Piala Dunia (FIBA World Cup) 2019 lalu. Kini sistem jendela, diaplikasikan untuk Kualifikasi Piala Asia 2021. Menariknya dari sistem ini, semua negara mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah. Ini bertujuan agar para pemain bisa merasakan tampil di hadapan pendukungnya sendiri.

Kualifikasi Piala Asia 2021 diikuti 24 tim. Awalnya 24 tim tersebut dibagi menjadi enam grup. Setiap tim bertemu dua kali dengan lawannya. Oleh sebab itu, FIBA membagi jadwal pertandingan ke tiga jendela.

Jendela pertama berlangsung bulan Februari 2020, lalu jendela kedua digelar bulan November 2020. Untuk jendela ketiga, akan digelar pada bulan Februari 2021.

Berikut Jadwal Lengkap Kualifikasi Piala Asia 2021:

Indonesia berada di Grup A bersama Filipina, Thailand, dan Korea Selatan. Pada jendela pertama, 20 dan 23 Februari 2020, Indonesia akan menjamu Korea Selatan dan Filipina. Indonesia menjadi tuan rumah dua laga tersebut.

Kemudian di jendela kedua, Indonesia bertandang ke Thailand, pada 27 November 2020, lalu berkunjung ke Korea Selatan pada 30 November 2020.

Di jendela ketiga, Indonesia lebih dulu melawat ke Filipina pada 18 Februari 2021, kemudian Indonesia akan menjadi tuan rumah, menjamu Thailand, 21 Februari 2021.

Untuk lolos ke babak utama, Indonesia harus berada di peringkat satu atau dua klasemen. Namun karena kuota babak utama ada 16, maka FIBA masih menyisakan empat tiket untuk diperebutkan oleh tim yang berada di peringkat ketiga. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar