IBL

FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers Window 3 untuk Grup A dan B akan dimulai hari ini, 16 Juni 2021. Namun Timnas Indonesia baru bertanding besok, 17 Juni, melawan Korea. Untuk laga ini, Timnas Indonesia diminta tampil lepas.

Hal ini disampaikan oleh Manajer Timnas Indonesia Maulana Fareza Tamrella, Rabu pagi. Menurutnya, manajemen memiliki harapan bahwa para pemain bisa menunjukkan perkembangan yang bagus, khususnya setelah menjalani pemusatan latihan hampir dua tahun bersama kepala pelatih Rajko Toroman. Khusus untuk Korea, timnas diharapkan bisa memberikan perlawanan. Tidak seperti di Window 1, yang berlangsung tahun lalu.

"Kami berharap pemain bermain lepas dan bagus. Kalau secara hasil, kami ingin memenangkan satu dari tiga pertandingan di Window 3. Namun kami juga ingin agar timnas bisa memberikan perlawanan untuk Korea, serta Filipina pada pertandingan berikutnya," ucapnya.

Pria yang akrab disapa Mocha tersebut juga memberikan gambaran tentang kondisi di Filipina. Semua pemain sudah menjalani prosedur sesuai protokol kesehatan dari FIBA. Sampai hari ini semua masih aman. Semua personel timnas Indonesia negatif dari Covid-19. Mereka juga sudah berlatih sejak hari Senin lalu.

"Untuk kondisi suhu dan lain-lain, ternyata tidak berbeda jauh dengan Jakarta. Jadi para pemain bisa dengan cepat beradaptasi. Kondisi fisik pemain juga bagus, tidak ada yang cedera, bahkan mereka sedang ada di puncak performanya setelah IBL selesai," lanjutnya.

Indonesia sebelumnya sudah pernah bertemu Korea di Kualifikasi Piala Asia 2021 Jendela pertama. Pertandingan tersebut digelar di Britama Arena, Jakarta. Saat itu, Indonesia kalah 76-109 dari Korea. Namun kondisinya berbeda untuk saat ini, terutama dari sisi roster pemain. Indonesia sekarang punya Lester Prosper, dan beberapa pemain muda yang sedang naik daun seperti Agassi Yeshe Goantara.

Sementara itu, untuk pertandingan hari pertama di Angeles City Foundation Gym, Pampanga, Filipina, akan ada dua pertandingan yang digelar. Jepang berhadapan dengan Tiongkok, kemudian dari Grup A, Korea bertanding melawan Filipina. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar